Padang (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat akan menurunkan 68 unit kendaraan pengawalan lalu lintas yang terdiri dari 45 unit mobil dan 23 unit sepeda motor untuk pengamanan dan pengawalan Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Sumatera Bike Week (SBwE) 2022 di Sumbar.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra di Padang, Kamis mengatakan dampak pandemi COVID-19 menyebabkan lumpuhnya beberapa sektor, seperti ekonomi, kesehatan, sosial dan sebagainya.

Dan saat ini pemerintah fokus pada pemulihan ekonomi nasional, salah satu strategi yang diterapkan adalah bangkitnya sektor pariwisata dan UMKM.

Baca juga: HDCI gelar "Ngapak Bike Festival 2019" di Purwokerto

Pada saat ini club motor besar HDCI mengadakan agenda dua tahunan Sumatera Bike Week yang dipusatkan di Sumatera Barat.

“Artinya mengandung tanggung jawab kepada kita sekalian untuk memberikan pengamanan," kata dia

Dirinya berpesan kepada personel yang terlibat Pamwal agar mengetahui betul teknik pengamanan, teknik pengaturan dan pengawalan.

"Pegang teguh dan pedomani tata caranya,” kata dia

Ia mewajibkan kepada personel yang terlibat Pamwal untuk memberikan jaminan keamanan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas bagi seluruh rombongan SBW maupun masyarakat lainnya.

"Jangan ada satupun komplain, jangan ada masalah, jangan ada kecelakaan. Itu tanggungjawab saudara-saudara sekalian," katanya.

Sebelumnya Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) akan mengadakan kegiatan nasional 5th Sumatera Bike Week (BWS) 2022 di Kota Bukittinggi pada 30 Juni sampai 3 Juli 2022.

Pelaksanaan SBW 2022 diawali dengan HDCI Andalas Rally 2022. Peserta dari seluruh Indonesia akan memulai touring dari daerah masing-masing menuju Kota Bukittinggi.

Kegiatan SBW 2022 akan dipusatkan di Lapangan Kantin Kota Bukittinggi dengan target peserta 1.500 sampai dengan 3.000 motor dan melibatkan 60 sampai 80 UMKM lokal.

Baca juga: Polda Sumbar permudah pelayanan bagi penyandang disabilitas
Baca juga: Kapolda Sumbar dianugerahi gelar kehormatan adat Minangkabau
Baca juga: Polda Sumbar gunakan seri tiga huruf pada plat nomor kendaraan

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022