Banjarmasin (ANTARA) - Tiga Kelompok Terbang (Kloter) Haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sudah berada di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi, menanti puncak ibadah haji 1443 Hijriah atau tahun 2022.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin di Banjarmasin, Jumat, menyatakan tiga kloter tersebut adalah Kloter 1, 2 dan 7.

"Untuk Kloter 7 atau kloter terakhir yang berangkat dari Embarkasi Banjarmasin karena langsung ke Mekkah, karena keberangkatan gelombang ke-2 haji Indonesia," ujarnya.

Sedangkan Kloter 1 dan Kloter 2, kata Tambrin, dari Madinah, karena berangkat sejak 12 Juni 2022, setelah melaksanakan rangkaian ibadah di Masjid Nabawi.

Baca juga: Kemenag Kalsel: 1 calhaj tidak bisa berangkat hingga kloter terakhir

Baca juga: Seorang calon haji Kalsel wafat di Madinah


"Kloter 3 menyusul ke Mekkah pada Sabtu (25/6/2022), demikian informasi petugas haji kita di sana," tutur Tambrin.

Dari 3 Kloter yang sudah di Mekkah dan 4 Kloter masih di Madinah, kata dia, dilaporkan para jamaah dalam keadaan baik, hingga semua bisa menjalankan ibadah di tanah suci.

"Marilah kita di daerah mendoakan mereka agar semuanya sehat wal afiat lancar menjalankan ibadah haji hingga pulang dengan selamat ke tanah air dan dapat haji yang mabrur," ujar Tambrin.

Dia juga akan berangkat pula ke tanah suci pada 25 Juni 2022 karena mendapat tugas khusus dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas jadi pengendali haji Indonesia di Arab Saudi.

Dia akan bertugas di Arab Saudi selama 23 hari bersama 4 Kepala Kanwil Kemenag yang ditunjuk menteri.

Tugas pihaknya sebagai pengendali haji di Arab Saudi membantu operasional haji, pengawasan pelayanan haji seperti hotel, katering dan transportasi.

Embarkasi Banjarmasin, Kalsel menerbangkan sebanyak 7 Kloter, yaitu, 5 Kloter dari Kalsel dengan kuota haji sebanyak 1.743 orang.

Sementara itu 2 Kloter dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan kuota haji sebanyak 739 orang.*

Baca juga: Dua Kloter haji asal Kalsel sudah tiba di Madinah

Baca juga: Gubernur Kalsel sampaikan dukacita wafatnya satu calon haji

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022