Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin melaporkan semua jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang tergabung pada 7 Kloter sudah berkumpul di Mekkah, Arab Saudi.

Tambrin di Mekkah, Rabu, mengatakan fase Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna) dari tanggal 7 hingga 12 Juli 2022, semua jamaah kembali ke Mekkah.

Setelah kembali ke Mekkah Al Mukaromah, para jamaah bisa melaksanakan ibadah umrah sunah, memperbanyak tawaf, doa salawat dan zikir, baca Al Quran di Masjidil Haram.

Menurut dia, para jamaah haji Embarkasi Banjarmasin berangkat gelombang pertama, mulai pulang ke tanah air dari Mekkah pada 23 Juli 2022.

Baca juga: Satu orang haji Kalsel wafat di KKHI Mekkah

Baca juga: Kepala Kanwil Kemenag Kalsel pimpin lontar jumroh hari kedua


Sementara itu, untuk jamaah keberangkatan gelombang ke-2 yang langsung ke Mekkah akan menuju ke Madinah pada 20 Juli 2022.

"Semoga semuanya selalu sehat, melaksanakan ibadah hingga usai," tutur Tambrin yang dapat tugas khusus dari Menteri Agama RI jadi pengendali haji di Arab Saudi.

Dia pun melaporkan, total jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang meninggal hingga hari ini sebanyak 3 orang dari 2.470 orang yang diberangkatkan.

Jamaah haji pertama meninggal dunia bernama Samsinah binti Usman Hasbulah usia 50 tahun dari Kloter 1 asal Balangan saat dalam penerbangan ke Madinah.

Kemudian Sugiansyah Basuki M. Yamin berusia 50 tahun dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pada Kloter 3 Embarkasi Banjarmasin wafat di Madinah.

Terakhir Mislina Muhammad Saberani pada usia 44 tahun berasal dari Kabupaten Tapin dari Kloter 3 di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah saat fase Armuzna.*

Baca juga: Satu calon haji dari Kalsel dirawat di KKHI

Baca juga: 1.800 calon haji Embarkasi Banjarmasin sudah berada di Mekkah

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022