Manfaat beras dalam perawatan kulit

Oleh Maria Rosari Dwi Putri

Manfaat beras dalam perawatan kulit

Ilustrasi beras untuk skincare. (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Ketika membicarakan produk perawatan kulit, Korea Selatan kerap menjadi kiblat para pecinta produk kecantikan dan perawatan untuk bagian tubuh ini, apalagi kita sering melihat para figur publik asal Negeri Gingseng itu tampil dengan kulit tampak sempurna dan bercahaya.

Tidak salah bila Korea Selatan menjadi kiblat produk kecantikan, mengingat negara ini seringkali mempopulerkan tren perawatan kulit yang kemudian diikuti oleh banyak negara lainnya.

Salah satu tren perawatan kulit dan kecantikan yang kini banyak digandrungi oleh para pecinta produk kecantikan dan tata rias adalah "Glass Skin", di mana kulit seseorang ditampilkan dengan natural, namun tampak sehat, bening, dan sangat bercahaya seperti kaca memantulkan sinar dan tanpa cela.

Dari sekian banyak kandungan dalam produk perawatan kulit Korea Selatan, beras merupakan komponen terpenting dan dipercaya sebagai salah satu elemen kecantikan yang telah lama digunakan untuk produk kecantikan di Asia. Sejumlah produk perawatan kulit ternama kini juga menggunakan beras, bahkan air beras, sebagai kandungan dalam produk perawatan kulit mereka.

Baca juga: Personalisasi produk kian jadi tren perawatan kulit

Dikutip dari laman Health, sejak jaman dahulu kala beras dan air beras sangat populer digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit karena dianggap ampuh untuk menjaga kesehatan kulit, ditambah beras merupakan bahan pangan pokok masyarakat Asia sehingga sangat mudah untuk didapat.

Berikut ini adalah manfaat beras untuk perawatan kulit dilansir dari Times of India.

1. Menenangkan kulit
Air beras sangat cocok untuk menenangkan kulit sensitif. Sejumlah penelitian terbaru menyebutkan bahwa air beras memiliki kandungan yang mampu menenangkan jerawat, kulit yang teriritasi, dan peradangan kulit lainnya. Pada intinya air beras diklaim cocok untuk orang dengan kulit sensitif.

2. Mengontrol pori-pori
Jika Anda memiliki pori-pori yang besar, air beras bisa menjadi toner yang sangat baik. Air beras memiliki kandungan yang dapat membantu dalam pembersihan pori-pori dan pengaturan produksi sebum pada kulit, menghasilkan pori-pori yang lebih samar dan bersih.

3. Mencerahkan kulit
Jika Anda memiliki kulit kusam, berjerawat atau warna kulit tidak merata, fermentasi air beras bisa sangat bermanfaat. Ini akan meningkatkan pembentukan kolagen di kulit dan menjadikan kulit lebih kenyal dan bercahaya. Selain itu, fermentasi air beras juga dapat membantu menghilangkan noda pada kulit seperti bekas luka dan bintik-bintik atau pigmentasi.

Baca juga: Tips perawatan dasar untuk kulit wajah yang wajib dilakukan

4. Efek anti-penuaan
Air beras memiliki manfaat untuk mengurangi garis-garis halus serta kerutan yang menyebabkan penuaan pada kulit. Beras juga memiliki manfaat untuk membalikkan tanda-tanda penuaan karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

5. Perlindungan dari sinar matahari
Beras juga dipercaya mampu memberikan perlindungan dari sinar UV, sehingga sejak jaman dahulu beras yang dihaluskan dan diberi air berfungsi sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit. Tepung beras juga sejak jaman dulu digunakan untuk menyembuhkan dan menenangkan kulit yang terbakar. Ini juga dapat membantu memudarkan bintik-bintik akibat sinar matahari dan pigmentasi akibat terlalu lama terpapar sinar matahari.

Melihat manfaat beras tersebut, produk perawatan kulit asal Korea Selatan I'm From melengkapi rangkaian produk I’m From Rice Range yang terbuat dari butir beras premium Yeoju, Korea Selatan. Setelah meluncurkan Rice Mask dan Rice Toner di tahun 2020, kali ini I’m From turut hadirkan Rice Serum dan Rice Cream untuk melengkapi rangkaian produk perawatan yang dapat membantu perempuan Indonesia untuk mendapatkan kulit yang lembut dan cerah secara alami.

Rangkaian produk I’m From Rice Range dibuat dan disesuaikan dengan kondisi kulit Asia terutama Indonesia yang kerap memiliki masalah seperti jerawat, kulit kering dan kusam, pigmentasi kulit hingga penuaan dini.

Baca juga: Tiga produk perawatan kulit yang disarankan dokter untuk lansia
Produk I’m From Rice Range. (ANTARA/ HO Sociolla)


Produk I’m From Rice Range menggunakan bahan dasar beras premium organik yang berasal dari Desa Deokpyeong, Yeoju, Korea Selatan, yang ditanam tanpa pestisida dan menghasilkan beras yang mengandung tiga kali lebih banyak serat dari beras biasa. Hal ini membuatnya kaya akan amino acid, lysin, gamma oryzanol, vitamin B1, B2, mineral serta bahan aktif lainnya yang dapat menjaga kelembutan dan kecerahan kulit.

“I’m From memahami bahwa rahasia kecantikan alami serta solusi untuk atasi masalah kulit kering dan kusam yang kerap dihadapi perempuan Indonesia adalah dengan memanfaatkan beras sebagai bahan dasar," ujar Brand Manager I’m From Indonesia Lia Wijaya dalam keterangannya pada Kamis.

Inovasi produk terbaru dari I’m From Rice Range dilengkapi dengan keunikan kandungan rice germ fermented extract, seperti yang dimiliki Rice Serum serta kandungan rice bran, seperti yang dimiliki Rice Cream, untuk membantu mencegah kulit kering, menunda tanda penuaan kulit serta mencerahkan kulit. Adapun rangkaian produk lengkap dari I’m From Rice Range yang dapat dicoba yaitu Rice Mask, Rice Toner, Rice Serum dan Rice Cream.

Rice Mask mengandung 4,1 persen rice powder kualitas terbaik dari Yeoju. Butir beras yang terkandung dalam produk ini berguna untuk mengangkat kulit mati secara lembut dan tanpa iritasi. Selain itu, berbagai vitamin dan mineral yang dimilikinya juga mampu membantu mengembalikan tingkat elastisitas dan kencangnya kulit.

Baca juga: Tips perawatan kulit wajah ala Han So-hee

Selanjutnya ada Rice Toner yang mengandung 77,78 persen rice extract dari Yeoju, amino acid dan serat dari minyak beras alami. Produk ini juga memiliki dua lapisan yang terdiri dari emulsion dan air untuk menyeimbangkan tingkat air dan minyak dalam kulit. Hal ini mampu memperbaiki tingkat kelembaban kulit serta mencerahkan wajah.

Kemudian Rice Serum yang mengandung 73 persen rice germ fermented extract dari Yeoju yang mampu mempertahankan lebih dari 65 persen nutrisi dalam sebutir beras. Selain itu, produk ini juga mengandung vitamin B dan antioksidan kuat yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen serta memperbaiki tingkat elastisitas kulit.

Terakhir ada Rice Cream yang memiliki kandungan 41 persen rice bran extract dari Yeoju yang kaya akan ceramide yang telah disuling dan diolah secara khusus oleh teknologi in-house untuk membantu meningkatkan warna kulit dan mencegah rusaknya skin barrier akibat sinar UV dari matahari.

Selain itu produk ini juga kaya akan vitamin B serta mineral lainnya yang mampu membantu mengontrol produksi sebum yang berlebihan, terutama bagi kulit berminyak.

Rangkaian produk I’m From Rice Range yang juga vegan-certified ini terdiri dari Mask, Toner, Serum dan Cream telah tersedia di Sociolla.com, aplikasi SOCO, Sociolla Store terdekat serta di Shopee dan Tokopedia dari Edit by Sociolla.

Baca juga: "Skincare" yang wajib dibawa saat liburan

Baca juga: Alasan kulit wajah pria perlu perawatan khusus

Baca juga: Kulit wajah kendur bisa dipulihkan lewat perawatan tepat

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar