Jakarta (ANTARA) - Pakar dermatologi dari Amerika Serikat Dr. Muneeb Shah menyarankan orang-orang mengoleskan pelembap pada kulit mereka setidaknya lima menit setelah mandi.
 
"Gunakan pelembap lima menit setelah mandi. Penelitian menunjukkan pelembap yang dipakai saat kulit masih lembap, lebih menyerap," ujar Shah dalam peluncuran produk CeraVe di Jakarta, Jumat.
 
Dia merekomendasikan orang-orang memilih pelembap yang mengandung ceramide karena berperan penting untuk skin barrier atau lapisan pelindung kulit.

Baca juga: Pelembap disarankan dipakai dulu sebelum produk perawatan kulit
 
Ceramide merupakan senyawa lemak yang melakukan berbagai fungsi dalam tubuh salah satunya menjaga pelindung kulit tetap utuh dan sehat.
 
Ceramide dikatakan sebagai kunci kesehatan kulit. Kadar ceramide yang lebih rendah dikaitkan dengan kondisi kulit seperti jerawat dan eksim.

Paparan sinar matahari, iklim yang keras, dan usia dapat memengaruhi kadar ceramide dan dapat mengganggu fungsi pelindung kulit sehingga menyebabkan kulit kering.
 
Lebih lanjut tentang pelembap, Shah, juga menyarankan masyarakat memilih produk tanpa pewangi, kendati dia mengakui produk dengan pewangi lebih baik aromanya.
 
"Usahakan pakai produk no fragrance (tanpa pewangi). Aku tahu aromanya enak, tapi, jika Anda mau merawat skin barrier hindari produk pelembap dengan pewangi," ujar dia.
 
Kemudian, bagi pemilik kulit kering, dia merekomendasikan pelembap dengan tekstur krim, sementara untuk mereka dengan kulit berminyak sebaiknya memilih pelembap yang teksturnya gel, juga dengan niacinamide.
 
Selain pelembap, Shah juga menyarankan orang-orang mandi dengan air hangat alih-alih menggunakan air panas.
 
Dalam kesempatan itu, Medical Director L’Oréal Dermatological Beauty Indonesia Hansen Gandhi mengatakan pentingnya menjaga kelembapan kulit salah satunya dengan menggunakan pelembap khususnya bagi mereka yang sering mandi dengan air hangat dan berada di ruangan berpendingin.
 
"Kalau mandinya air hangat terus, tidur berada ruangan berpendingin udara itu sangat baik mulai melembapkan (kulit). AC membuat kulit menjadi kering. Jadi, gunakan pelembap agar skin barrier lebih baik," kata Gandhi.

Baca juga: Survei ungkap "skincare" penting wanita di Indonesia

Baca juga: Panduan untuk memilih produk yang tepat sesuai kondisi kulit

Baca juga: Benar kah skincare dalam make up bekerja efektif? Ini kata dokter
 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024