Jakarta (ANTARA) - Krim mata atau sering disebut eye cream dan pelembap dikatakan menjadi bagian dari perawatan kulit dengan fungsinya masing-masing.

Fungsi utama pelembap seperti disiarkan Livestrong, Kamis (25/1) memberikan hidrasi pada kulit dan biasanya merupakan langkah dalam rutinitas perawatan kulit setelah serum.

Sementara krim mata memiliki tujuan yang lebih spesifik yakni membantu meningkatkan hidrasi di sekitar mata dan produk ini diformulasikan secara khusus dengan mempertimbangkan manfaat lain, seperti menghilangkan bengkak, lingkaran hitam, dan garis halus di wajah.

Baca juga: Pahami kesalahan umum saat gunakan krim mata

"Krim pelembap biasa bukanlah pengganti krim mata," kata pakar dermatologi di Schweiger Dermatology Group, New York City Rachel Nazarian, MD.

Nazarian mengatakan krim mata diformulasikan khusus untuk kulit tipis dan halus di bawah mata, dan mengatasi permasalahan di area tersebut.

Hal senada diungkapkan dermatolog di Cottleville, Missouri, Stacey Tull, MD, FAAD. Dia menuturkan kulit di sekitar mata jauh lebih tipis, kering dan lebih halus dibandingkan kulit wajah lainnya. Oleh karena itu, krim mata cenderung lebih melembapkan dan tidak mengandung atau lebih rendah konsentrasi bahan yang mengiritasi.

Namun, tetap saja, sebaiknya uji sedikit produk pada area lain di kulit untuk melihat bagaimana tubuh bereaksi terhadap suatu produk sebelum mencobanya di sekitar kulit sensitif di dekat mata.

Baca juga: Produk "skincare" dengan retinol cenderung dicari penggemar "skincare"

Area mata juga tidak terlalu rentan berjerawat, kata dermatolog di New York Citu, Blair Murphy-Rose, MD. Artinya formula krim mata bisa lebih kental alias lebih melembapkan namun masih bisa ditoleransi bagi mereka yang umumnya memiliki kulit berminyak atau berjerawat di seluruh wajah.

“Krim mata yang diformulasikan dengan bahan-bahan yang terbukti secara klinis memang ampuh, artinya dapat memberikan manfaat nyata pada kulit,” kata dia.

Ada beberapa masalah berbeda yang dapat diatasi dengan bahan aktif dan tidak aktif tertentu mulai dari meningkatkan kolagen hingga mengencangkan dan menghidrasi untuk menyembunyikan garis-garis halus.

Pada dasarnya, ini tergantung pada daftar bahan krim mata. Saat mencari krim mata, pilihlah krim yang mengandung bahan aktif yang sesuai dengan kebutuhan spesifik, menurut Cleveland Clinic.

Baca juga: Tips enyahkan lingkaran hitam di bawah mata

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024