Jakarta (ANTARA) -
Saat mempersiapkan kulit untuk riasan, diperlukan urutan yang benar dalam mengaplikasikannya terutama primer (dasar) dan pelembab.
 
Mempersiapkan kulit termasuk soal fungsi setiap produk, jenis formula yang digunakan, dan kapan harus mengaplikasikannya.
 
Ditulis laman Makeup by L'oreal penata rias selebriti Jamie Dorman mengatakan primer tidak sama dengan pelembab. Meskipun keduanya dapat memperbaiki penampilan kulit Anda, pelembap dimaksudkan untuk membantu kulit Anda mempertahankan kelembapan, sedangkan primer dimaksudkan untuk menghaluskan dan mempersiapkan kulit Anda untuk riasan.
 
"Anggap saja seperti cat dasar untuk dinding Anda, primer riasan membantu mengubah kulit Anda menjadi kanvas rata tempat Anda bisa merias wajah," ucap Dorman.

Baca juga: Pelembap disarankan dipakai dulu sebelum produk perawatan kulit
 
Secara umum, primer adalah langkah pertama untuk memastikan riasan bertahan sepanjang hari, mulus, dan bebas kusut. Kebanyakan primer berbahan dasar silikon atau berbahan dasar air, dan setiap formula dapat membantu mengatasi masalah kulit tertentu.
 
Dorman mengatakan primer berbahan dasar air paling baik untuk kulit kering dan dehidrasi karena primer ini akan bertahan lebih lama dan terlihat lebih baik pada kulit kering.
 
“Sedangkan primer berbahan silikon terlihat lebih baik pada kulit berminyak, karena silikon menciptakan lapisan yang mencegah minyak menembus.”
 
Primer silikon juga dikenal memiliki manfaat mengaburkan sehingga bagus untuk mengecilkan tampilan pori-pori dan menghaluskan tekstur kulit.
 
Primer akan menjaga riasan dasar tetap cerah dan membantu mencegah pemisahan dan pemudaran. Ada banyak primer yang dibuat untuk mengatasi masalah kulit yang lebih spesifik, termasuk formula yang menghidrasi, menghaluskan, menghaluskan, dan mencerahkan.

Baca juga: Jangan salah, produk hidrasi beda dengan pelembap
 
Sementara itu, pelembab tersedia dalam format krim, cair, dan gel. Sesuai dengan namanya, produk itu dimaksudkan untuk menambah kelembapan pada kulit, tetapi, setiap formula juga memiliki manfaat lain, termasuk mencerahkan, melawan jerawat, dan menghaluskan garis-garis halus.
 
Pelembap yang baik, yang mengandung bahan humektan dan oklusif, dapat membantu mencegah hilangnya air dan mengunci kelembapan yang diperlukan kulit Anda.
 
Maka itu cara pengaplikasiannya menurut Dorman adalah pelembab selalu ada sebelum primer. Jika merias wajah di siang hari, sebaiknya mulai dengan pelembap setelah membersihkan wajah dan mengaplikasikan toner, serum atau esens, lalu tabir surya.

Gunakan primer setelah pelembap dan SPF sudah mengering.
 
Jangan gunakan primer sampai area mata. Jika mau, aplikasikan primer menggunakan kuas wajah berukuran besar dan rata.

Baca juga: Cara menggunakan tren riasan strawberry ala Hailey Bieber

Baca juga: Tips riasan pengantin di 2023 dengan kesan natural

Baca juga: Trik gunakan bobby pin untuk buat mata kucing dengan eyeliner

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023