Jakarta (ANTARA) - Tidak bisa melewatkan krim alas bahkan sebelum pergi berolahraga? Mungkin layak dipertimbangkan kembali, karena penelitian terbaru menunjukkan bahwa menggunakan riasan wajah saat berolahraga dapat memengaruhi kesehatan kulit Anda.

Dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology, studi tersebut menyelidiki dampak latihan aerobik pada kulit dan pori-pori, membandingkan individu yang menggunakan dan tidak menggunakan riasan wajah. Temuannya mengungkapkan bahwa foundation kosmetik dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, yang berpotensi memicu jerawat.

"Ada tren yang berkembang di mana orang-orang menggunakan riasan wajah saat berolahraga. Penelitian ini menunjukkan pentingnya mempelajari perubahan kondisi kulit individu yang menggunakan riasan wajah saat berolahraga," kata penulis koresponden studi Dongsun Park, dikutip dari Medical Daily, Rabu.

Baca juga: Riasan wajah yang ringan cocok digunakan selama Ramadhan

Baca juga: "Primer" dan pelembap, mana yang dipakai lebih dulu sebelum berias?


"Menurut penelitian ini, menggunakan riasan wajah tebal seperti foundation krim selama berolahraga berpotensi menyebabkan masalah kulit seperti pori-pori tersumbat akibat akumulasi keringat. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih riasan wajah yang lebih ringan atau produk bebas minyak untuk menjaga kulit sehat selama berolahraga," tambah Park.

Para peneliti mempelajari 43 mahasiswa yang sehat, mengaplikasikan krim alas riasan pada satu sisi wajah mereka di dua area berbeda, dahi dan pipi atas, sementara meninggalkan setengah wajah lainnya sebagai kontrol.

Setelah berolahraga, para peneliti mengamati peningkatan kelembaban di kedua area tanpa rias wajah dan yang menggunakan riasan wajah. Namun, zona riasan wajah memiliki peningkatan yang lebih nyata, menunjukkan bahwa riasan wajah mungkin mencegah penguapan kelembaban dari kulit.

Elastisitas kulit meningkat setelah berolahraga. Tetapi ini lebih terlihat pada zona tanpa riasan wajah. Pori-pori pada kulit tanpa riasan wajah melihat peningkatan ukuran yang mencolok, sedangkan pori-pori pada kulit dengan riasan wajah tidak menunjukkan perubahan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa riasan wajah mungkin telah menyumbat pori-pori.

Tingkat minyak kulit meningkat pada zona tanpa riasan wajah sementara menurun pada zona yang menggunakan riasan wajah, menunjukkan bahwa mungkin sulit untuk menjaga tingkat minyak yang tepat pada kulit saat menggunakan rias wajah.

"Temuan ini menyarankan bahwa penggunaan alas bedak krim selama latihan aerobik dapat mengurangi minyak kulit, menyebabkan kekeringan. Selain itu, rias wajah dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan produksi sebum," ujarnya.

"Oleh karena itu, menggunakan riasan wajah mungkin tidak disarankan bagi orang-orang dengan kondisi kulit kering berdasarkan hasil penelitian saat ini. Penelitian ini menawarkan wawasan penting kepada masyarakat, mendorong mereka untuk mempertimbangkan konsekuensi yang mungkin dari menggunakan riasan wajah saat berolahraga," tulis para peneliti.

"Untuk kesehatan kulit, lebih baik berolahraga dengan riasan wajah Anda dihapus," kata Park dalam rilis berita.

Baca juga: Tips memilih riasan sesuai dengan warna kulit

Baca juga: Kiat dan trik rias wajah ala MUA Marlene Hariman


Baca juga: Pahami perbedaan jenis produk riasan bibir agar tak salah pilih

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024