Ini menindaklanjuti program Kementerian Ketenagakerjaan RI untuk membuka seleksi nasional di Makassar
Makassar (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar, Sulawesi Selatan, membuka pendaftaran Program Magang Luar Negeri yaitu ke Jepang secara dalam jaringan (daring).

"Ini menindaklanjuti program Kementerian Ketenagakerjaan RI untuk membuka seleksi nasional di Makassar," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Makassar Andi Irwan Bangsawan di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan, pendaftaran via daring itu melalui link: bit.ly/SELEKNASMAGANGMAKASSAR untuk periode pendaftaran dari 8 Juni hingga 2 September 2022.

Baca juga: Disnakertrans NTB lepas 80 peserta magang ke Jepang

Menurut dia, untuk proses seleksi secara luring, lanjut dia, dilakukan pada 12 - 16 September 2022 di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Makassar Jalan Taman Makam Pahlawan, Makassar.

Irwan mengatakan setelah formulir pendaftaran diisi maka peserta diminta melampirkan dokumen sesuai dalam permintaan formulir itu.

Sementara itu, salah seorang pendaftar di Makassar Andi Mustari mengatakan sudah dua tahun lulus SMK Jurusan Mekatronika.

Baca juga: Apindo dan kamar dagang Jepang rilis buku manual program magang

"Untuk kuliah, tidak cukup dana, jadi selama ini ikut bantu-bantu toko reparasi barang elektonik milik tetangga," katanya.

Karena itu, lanjut dia, ia ingin ikut magang ke Jepang untuk menambah pengalaman, sekaligus mendapatkan uang saku selama di negeri Sakura itu. Uang saku tersebut akan ditabung untuk modal usaha sepulang ke daerahnya.

Baca juga: Kemnaker sebut peserta magang ke Jepang capai 85.415 orang

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022