Palangka Raya (ANTARA) -
Kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil menjadi juara umum pada Kejuaraan Nasional Panahan Senior 2022 di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Sampai dengan hari terakhir Kejurnas pada Rabu, Kontingen Yogyakarta berhasil mengumpulkan total 27 medali, meliputi tujuh medali emas, 10 perak, serta 10 perunggu.
 
"Secara keseluruhan Kejurnas Panahan Senior 2022 berjalan aman, lancar dan tertib, dimulai sejak awal pembukaan hingga penutupan hari ini,” kata Ketua Panitia Kejurnas Ade Supriyadi.
 
Lebih lanjut Ade menyampaikan, dari total 23 kontingen yang berpartisipasi dalam kejurnas tahun ini, peringkat kedua berhasil diraih Jawa Tengah dengan total 11 medali, meliputi tujuh emas, dua perak dan dua perunggu.
 
Untuk tempat ketiga, yakni Jawa Timur dengan 14 medali, meliputi enam medali emas, lima perak dan tiga perunggu. Disusul kontingen DKI Jakarta di tempat keempat, serta Kalimantan Timur di tempat kelima.
 
Sedangkan tuan rumah Kalimantan Tengah berhasil menempati posisi keenam dengan lima medali emas, tiga perak dan tiga perunggu.
 
Ade yang juga Ketua Umum Pengprov Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kalteng mengapresiasi capaian prestasi yang sudah diraih Kalteng dalam kejurnas ini yang dinilai cukup membanggakan.
 
Hal ini bukan tanpa alasan, sebab menurutnya jika dibandingkan dengan kejurnas-kejurnas sebelumnya, perolehan medali Kalteng kali ini lebih banyak.
 
"Terlebih jika melihat poin yang diperoleh pun lumayan bagus, artinya semakin meningkat," tegas Ade.
 
Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (Perpani) Illiza Sa'aduddin Djamal mengatakan, kejurnas ini menjadi sarana bagi para atlet untuk bersaing menampilkan kemampuan terbaik serta mengukir prestasi.
 
"Sedangkan bagi Perpani baik pusat maupun pengurus provinsi, kejurnas ini menjadi sarana evaluasi dari upaya pembinaan para atlet panahan di seluruh Indonesia yang dilakukan selama ini," jelasnya.

Baca juga: Ratusan atlet dari 23 provinsi bersaing dalam Kejurnas Panahan Senior
Baca juga: Kejurnas Panahan 2022 di Palangka Raya alami pergeseran jadwal

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022