Palangka Raya (ANTARA) -
Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panahan Senior 2022 di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengalami pergeseran jadwal dan mulai dilaksanakan pada 27 Juni mendatang.
 
"Semula kejurnas akan dilaksanakan pada 29 Juni - 8 Juli, dan akan dimajukan menjadi 27 Juni - 3 Juli 2022," kata Ketua Panitia Kejurnas yang juga Ketua Pengrov Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kalteng, Ade Supriyadi di Palangka Raya, Kamis.
 
Adanya pergeseran jadwal kejurnas menjadi lebih awal dilatarbelakangi sejumlah pertimbangan yang dibahas bersama dalam rapat panitia, salah satunya karena dinilai terlalu berdekatan dengan Hari Raya Idul Adha.
 
Ade menjabarkan apabila melihat kalender, pada 9 Juli merupakan Hari Raya Idul Adha, maka kalau kejurnas berakhir 8 Juli, dinilai kurang tepat khususnya bagi kontingen dari provinsi lain yang beragama Islam dan merayakan hari raya.
 
"Kasihan teman-teman kontingen provinsi lain yang beragama Islam dan merayakan hari raya. Akhirnya disepakati, jadwal pelaksanaan dimajukan beberapa hari," jelasnya.
 
Terkait pergeseran jadwal kejurnas lebih awal ini, ditegaskannya telah disetujui Pengurus Besar Perpani. Pihaknya juga telah mengirimkan surat pemberitahuan ulang kepada seluruh Pengprov Perpani se-Indonesia, terkait perubahan jadwal tersebut.
 
Kejurnas Panahan Senior 2022 ini sendiri akan dipusatkan di halaman GOR Indoor, Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya yang akan memperlombakan empat kategori atau divisi, meliputi recurve, compound, nasional dan barebow.
 
Kegiatan ini akan diikuti para peserta dari 34 provinsi se-Indonesia yang diperkirakan mencapai sekitar 800 sampai 1.200 orang. Dengan kehadiran para peserta, dan official sebanyak itu, maka diperlukan berbagai persiapan yang matang demi suksesnya agenda nasional tersebut.
 
"Panitia juga mengharapkan dukungan penuh semua pihak, baik masyarakat dan pemerintah daerah, khususnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah,” tutupnya.


Baca juga: Lesatan seribu anak panah berbuah emas SEA Games
Baca juga: Indonesia juara umum panahan SEA Games

 

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022