Bekasi (ANTARA) - Tim nasional U-19 Indonesia bermain imbang tanpa gol dengan Thailand pada babak pertama laga lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu malam.

Pada pertandingan itu, Indonesia menguasai permainan sejak awal. Mengandalkan duo penyerang Ronaldo Kwateh dan Hokky Caraka di depan, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong beberapa kali mampu membongkar pertahanan Thailand dan menciptakan peluang gol. Pada menit ke-10, Indonesia bisa saja membuka skor andai tendangan cungkil Ronaldo Kwateh ke gawang kosong tak mampu buru-buru ditepis oleh kiper lawan, Narongsak Naengwongsa.

11 menit kemudian, tendangan bebas Marselino Ferdinan dari luar kotak penalti mengarah ke sasaran, tetapi lagi-lagi dapat diantisipasi dengan baik oleh Narongsak.

Pada menit ke-22, giliran Mikael Tata yang melepaskan sepakan di dalam kotak penalti Thailand yang melebar dari gawang. Ferdiansyah Cecep sempat melakukan hal serupa dua menit setelahnya, tetapi bola juga tak tepat ke gawang.

Baca juga: Shin andalkan Hokky Caraka untuk jebol gawang Thailand Terjadi kemelut di area terlarang Thailand menit ke-32, yang dimanfaatkan Kakang Rudianto untuk menembak bola ke gawang. Namun, Narongsak dapat membaca arah datang bola dengan baik sehingga gawangnya terhindar dari kebobolan.

Thailand yang nyaris terus dalam tekanan tak bisa menciptakan kesempatan berbahaya ke wilayah Indonesia. Menjelang babak pertama tuntas, timnas U-19 Indonesia mengalami situasi tak menyenangkan. Gelandang andalan sekaligus kapten pada laga itu Marselino Ferdinan harus keluar lapangan karena cedera dan digantikan oleh Muhammad Ferarri.

Tak ada gol yang hadir setelahnya. Skor imbang 0-0 pun bertahan sampai turun minum. Susunan pemain :

Timnas U-19 Indonesia: Cahya Supriadi-pg, Mikael Tata, Ahmad Rusadi, Marcell Januar, Kakang Rudianto, Dimas Pamungkas, Arkhan Fikri, Marselino Ferdinan (kapten), Ferdiansyah Cecep, Ronaldo Joybera Kwateh, Hokky Caraka. Timnas U-19 Thailand: Narongsak Naengwongsa-pg, Thawatchai Inprakhon, Theekawin Chansri, Chanapach Buaphan (kapten), Sittha Boonlha, Kakana Khamyok, Winai Aimoat, Thanawat Saiptech, Bukkore Lemdee, Thanawut Phochai, Phon-Ek Maneekom.

Baca juga: Shin butuh dukungan dari masyarakat Indonesia untuk taklukkan Thailand
Baca juga: Shin Tae-yong minta warganet tidak rundung pemain timnas U-19

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022