Kemenkop gandeng KUMKM kelola komoditas unggulan daerah

Kemenkop gandeng KUMKM kelola komoditas unggulan daerah

Rumah produksi bersama kluster bawang merah segera dirintis di Brebes. ANTARA/HO-Humas KemenkopUKM

Antara lain minyak nilam di Aceh, jahe di Kalimantan Timur, kayu/rotan di Jawa Tengah, kelapa di Sulawesi Utara, dan daging sapi di Nusa Tenggara Timur
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng koperasi maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) menjadi pengelola Rumah Produksi Bersama (RPB) untuk beberapa komoditas unggulan daerah.

“Antara lain minyak nilam di Aceh, jahe di Kalimantan Timur, kayu/rotan di Jawa Tengah, kelapa di Sulawesi Utara, dan daging sapi di Nusa Tenggara Timur,” ujar Deputi Bidang Perkoperasian Kemenkop Ahmad Zabadi dalam keterangan kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Melalui RPB, lanjutnya, diharapkan terjadi standardisasi produk sehingga KUMKM yang tergabung memiliki produk dengan kualitas serupa serta terbaik.

Upaya selanjutnya yang dilakukan Kemenkop untuk mengembangkan KUMKM ialah meluncurkan portal IDXCOOP pada 2022 guna mempertemukan penyedia teknologi dengan kebutuhan digitalisasi melalui skema kerja sama business to business agar KUMKM dapat berkembang dan ekspose terhadap digitalisasi.

Lebih jauh, pihaknya mendorong KUMKM untuk onboarding ke platform digital agar dapat diakses banyak kalangan. Dengan pemanfaatan media pemasaran tersebut, lanjutnya, akseptasi dan preferensi masyarakat dalam berbelanja daring terbukti mengalami peningkatan.

“Per Maret 2022 ,UMKM onboarding digital sebanyak 18,5 juta atau 97,3 persen dari target UMKM go digital pada 2022. Pemerintah menargetkan 30 juta UMKM onboarding ke platform digital pada akhir 2023,” katanya.

Khusus koperasi, beberapa bentuk fasilitasi penguatan yang diberikan berupa tenaga pendamping, akses pembiayaan dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan UMKM (LPDB-KUMKM) serta Himbara, kemitraan, offtaker/supplier, dan teknologi maupun inovasi yang relevan guna mendorong pengembangan koperasi modern.

“Pemberdayaan koperasi dimaksudkan agar koperasi dapat tumbuh sejajar dengan badan usaha lain, diminati oleh generasi muda, dan memiliki sensitivitas tinggi dalam pengembangan usaha,” kata Zabadi.

Baca juga: Kemenkop targetkan bangun enam rumah produksi bersama UMKM pada 2023

Baca juga: Kemenkop tawarkan konsep rumah produksi bersama bagi UMKM di Bali

Baca juga: MenkopUKM dorong pemda kembangkan rumah produksi bersama UMKM

Baca juga: Rumah produksi bersama kluster bawang merah segera dirintis di Brebes


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar