Jakarta (ANTARA) -
Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional Kamis (7/7) kemarin, mulai dari usulan agar DPD dapat membuat RUU hingga Ridwan Kamil lebih cocok menjadi cawapres.

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Rocky Gerung usulkan DPD dan anggotanya punya hak buat RUU
Pengamat politik Rocky Gerung mengusulkan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) memiliki hak dalam membuat rancangan undang-undang (RUU), bahkan tiap anggotanya bisa memiliki hak perorangan untuk membuat legislasi.

"Saya ingin usulkan supaya DPD mempunyai hak untuk membuat legislasi, bahkan hak perorangan untuk membuat legislasi atas namanya, karena mereka senator," ujar Rocky.

Selengkapnya di sini

2. DPR setujui RUU Pembentukan Papua Barat Daya jadi RUU inisiatif dewan
Paripurna DPR menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya sebagai usul inisiatif dewan.

Keputusan ini diambil dalam rapat paripurna DPR RI ke-28 Masa Persidangan V Tahun 2021-2022, yang digelar di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

3. MPR: Semua pihak harus perjuangkan perlindungan PMI di luar negeri
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menilai semua pihak harus memperjuangkan perlindungan dan keadilan bagi pekerja migran Indonesia yang ada di luar negeri.

Dia menilai, perjuangan perlindungan tersebut harus dengan mengedepankan semangat persatuan dan dialog dalam rangka mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan.

Selengkapnya di sini

4. Presiden apresiasi Mentan dan petani karena produksi pangan terjaga
Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan para petani Indonesia karena terus menjaga produksi pangan, terutama beras, sehingga stok dan harga bahan pokok tersebut di pasar terjaga.

Presiden Jokowi pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional Ke-29 Tahun 2022 di Medan, Sumatera Utara, Kamis, menuturkan karena stok beras yang mencukupi di dalam negeri, Indonesia tidak pernah impor beras dalam 3 tahun terakhir.

Selengkapnya di sini

5. Analis politik sebut Ridwan Kamil lebih cocok sebagai cawapres
Analisis politik yang juga Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menyebutkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil lebih cocok diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres).

"Beberapa nama yang belakangan positioningnya kian menguat. Salah satunya adalah Pak Ridwan Kamil yang habitusnya, cocoknya sebagai calon wakil presiden," kata Pangi dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022