ini adalah hak (perempuan) yang harus saya perjuangkan
Jakarta (ANTARA) - Jumat, 8 Juli 2022 adalah sejarah baru bagi Putri Khairunnisa.

Tak hanya bagi Putri, tetapi sekaligus bagi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Mantan Miss Asia Indonesia Awards 2017 ini, akhirnya terpilih secara aklamasi pada Kongres XVI Pemuda KNPI 2022 yang diselenggarakan di sebuah hotel, Jakarta Utara sebagai Ketua Umum DPP KNPI.

Putri Khairunnisa tampaknya ingin berjuang agar kontribusi perempuan lebih banyak dalam formatur kepengurusan organisasi tersebut ke depan.

Momentum ini agaknya akan menjadi kesempatan bagi perempuan muda untuk bisa berproses di dalam mengkampanyekan kesetaraan perempuan yang ada di desa maupun yang di kota.

Putri mengatakan KNPI adalah wadah yang luar biasa besar bagi pemuda, khususnya perempuan, untuk bisa berkarya bagi bangsa.

Karena itu, ia menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada organisasi-organisasi kepemudaan nasional dan juga DPD-DPD Provinsi Tingkat I, yang sudah membulatkan pilihannya kepada dia untuk memimpin pemuda KNPI di seluruh Indonesia.

Dalam waktu dekat, Putri akan menyusun formatur kepengurusan KNPI di berbagai bidang yang dinilai dapat membuka kesempatan kepada organisasi untuk terus berkarya.
Ketua Umum DPP KNPI Putri Khairunnisa memberi sambutan sesaat setelah terpilih secara aklamasi pada Kongres XVI Pemuda KNPI 2022 di sebuah hotel, Jakarta Utara, Jumat (8/7/2022). ANTARA/Abdu Faisal

Kualitas pemuda
Maju dan mundur sebuah bangsa ke depan, tampaknya tak kan pernah lepas peran dari para pemuda.

Pemuda adalah garda generasi penerus yang kontribusinya diperlukan sepanjang masa.

Baca juga: KNPI sebut eksistensi pemuda dalam kepentingan politik belum maksimal

Putri pun, sebagai nakhoda baru di tubuh KNPI, tampaknya sudah memiliki rancangan program-program yang ingin diajukan ke depan terkait pengembangan pemuda.

Salah satu perannya adalah untuk bisa memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) secara digital agar terus tumbuh ekonominya setelah masa pandemi.

Putri ingin sekali, pemuda segera ambil peran untuk memompa pertumbuhan ekonomi nasional setelah agak melambat saat dilanda pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir.

Ia secara lugas menegaskan, seperti misi dan mimpi seluruh pemuda dan bangsa di seluruh Indonesia bahwasanya, harus terus bangkit dari keterpurukan di masa pandemi.

"Terus bahu-membahu menjalankan aktivitas ekonomi agar terus tumbuh," katanya.

Di sinilah bahu-membahu pemuda dalam program yang nantinya akan dia lakukan akan segera direalisasikan.

Melalui KNPI, Putri berkeyakinan persatuan pemuda di seluruh Indonesia adalah satu bentuk atau bukti nyata bahwasanya pemuda Indonesia siap untuk bisa melanjutkan perjuangan, kepemimpinan dan juga menjadi pemuda yang bermartabat.

Ekosistem digital
Untuk UMKM sendiri, Putri Pariwisata DKI Jakarta 2017 itu akan membentuk suatu pelatihan pengembangan ekosistem digital.

Pesertanya adalah anggota KNPI dari tingkat pusat, provinsi, DPD I, DPD II, tingkat kecamatan dari seluruh Indonesia akan ikut dilibatkan.

"Dalam hal ini, dengan adanya kami atau yang berhimpun di KNPI, semua akan bergerak untuk bisa melanjutkan apa yang menjadi impian bangsa ini," kata Putri.

Baca juga: Anggota DPR nilai pemuda jadi perekat agenda besar kebangsaan

Tentunya tidak hanya itu, pertumbuhan ekonomi serta bagaimana peningkatan kualitas pemuda yang hari ini sudah luar biasa hebatnya akan terus dilanjutkan oleh Putri.

Kader KNPI yang sedang menempuh Pasca Sarjana Kajian Ketahanan Nasional di Universitas Indonesia (UI) itu sudah merancang agenda pelatihan pendidikan politik, pendidikan kepemimpinan, maupun pelatihan lain.

Semua itu nantinya akan dijadikan salah satu program KNPI yang dapat dijadikan contoh dan bermanfaat bagi nusa bangsa.

Dia bertekad, formatur kepengurusan KNPI akan tersusun dan bekerja secara cepat dalam satu pekan mendatang.

Dia juga mengaku sudah melihat banyak sekali potensi pemuda di KNPI saat ini untuk mengurus berbagai bidang usaha organisasi.

Pemuda saat ini katanya, sangat semangat sekali, euforianya dalam berpartisipasi bagi pembangunan juga luar biasa, dan itu yang menjadi keyakinan dia bisa menyusun susunan pengurus KNPI periode 2022-2025 dalam satu pekan.

"Karena sudah kompeten semua yang berada di dalam KNPI di atas kertas. Itu yang membuat kami tidak terlalu sulit untuk memilih dan menyusun," kata Putri.

Biasanya penempatan pos strategis akan ditempatkan oleh orang yang membidangi. Misalnya bidang hukum, dia memastikan akan menunjukkan anggota yang membidangi hukum sebagai ketua.

Kemudian bidang sosial, budaya, itu juga menjadi satu kesatuan khusus yang dipandang penting untuk mewujudkan cita-cita KNPI untuk bisa berkontribusi bagi negeri.

Terkait nama-nama yang bisa dilirik dari pengurus sebelumnya, Putri belum mau membuka rahasia.

Baca juga: Peran pemuda dalam membangun bangsa dinilai semakin beragam

Untuk sementara ini, nama-nama itu masih dirahasiakan, tapi nanti akan dia umumkan segera ke publik.

Sejarah baru
Terpilihnya Putri selaku perempuan satu-satunya yang menjadi Ketua Umum DPP KNPI adalah suatu sejarah baru bagi organisasi itu.

Putri awalnya tidak begitu yakin terpilih, karena organisasi ini biasanya akan jauh lebih selektif dalam memilih seorang perempuan dalam sebuah pemilihan.

Namun, Mantan Miss Asia Indonesia Awards 2017 itu bukan orang baru di KNPI dan keterlibatannya selama ini patut membuatnya terpilih.

Putri aktif mengurusi berbagai bidang di DPP KNPI dengan menjabat sebagai Wasekjen Bidang Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sejak 2015 hingga 2018.

Kemudian dilanjutkan sebagai Kabid (Ketua Bidang) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI).

Akhirnya, para peserta kongres pun sepakat memajukan Putri Khairunnisa sebagai Ketua Umum.

Putri mengaku akan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan dari KNPI hasil kongres KNPI XVI di Maluku Utara 15-22 Mei 2022. Saat itu Ketua Umum terpilih 2022-2025 adalah Haris Pertama.

Putri juga menekankan, ke depan, keterlibatan perempuan akan jauh lebih banyak lagi di KNPI.

Putri tidak melihat lagi keterlibatan perempuan berapa persennya, karena sekarang tidak ada batasan.

Baca juga: Presiden ingatkan keutamaan peran pemuda

"Dan ini adalah hak (perempuan) yang harus saya perjuangkan. Jadi keterlibatan perempuan akan banyak," katanya.
Ketua Umum DPP KNPI Putri Khairunnisa menemui wartawan usai terpilih secara aklamasi pada Kongres XVI Pemuda KNPI 2022 pada sebuah hotel, di Jakarta Utara, Jumat (8/7/2022). ANTARA/Abdu Faisal

Semangat yang ingin ditularkan Putri kepada pemuda Indonesia adalah bahwa menjadi seorang pemimpin harus bisa memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum memimpin orang lain.

"Memulai suatu hal yang kecil dengan penuh keyakinan, insyaAllah akan menghasilkan yang besar beriringan, dengan adanya konsistensi dan juga integritas yang dimiliki pemuda," kata Putri.

Akhirnya, segenap pemuda di republik ini, khususnya yang tergabung dalam organisasi kepemudaan ini tampak berharap peran Putri sebagai nakhoda baru dapat memaksimalkan peran positifnya untuk lebih kencang dan deras lagi demi Tanah Air tercinta.

Putri, kini adalah sang penerus Ketua Umum KNPI dari pemimpin pertama organisasi kepemudaan ini oleh David Napitupulu saat dideklarasikan pada 23 Juli 1973.

 

Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022