Simpang Empat,- (ANTARA) - Korban gempa di Kajai Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, memperoleh bantuan empat ekor sapi kurban dari Gubernur Sumbar pada perayaan Idul Adha 1443 Hijriah.

"Hewan ternak itu telah kita salurkan dan penyembelihan akan dilakukan pada Senin besok," kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Pasaman Barat Doddy San Ismail di Simpang Empat, Ahad.

Ia mengatakan bantuan empat ekor sapi kurban itu berasal dari Gubernur Sumbar dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumbar.

"Selain itu juga ada bantuan satu ekor sapi dan dua ekor kambing dari jajaran Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Pasaman Barat," katanya.

Baca juga: Petugas Damkar evakuasi sapi kurban yang mengamuk pada acara hajatan

Baca juga: Inul Daratista kirim hewan kurban ke kampung halaman


Dengan demikian ada lima ekor sapi, dua kambing, kalau ditotal keseluruhan berat badannya lebih kurang 1,5 ton yang akan disalurkan ke korban gempa di Kajai dan Simpang Timbo Abu. Sedangkan untuk bantuan kurban sapi dari Presiden hanya untuk daerah Malampah Kebupaten Pasaman.

Terhadap ternak kurban itu, tim kesehatan telah memeriksanya sebelum disembelih pada Senin (11/7).

"Tim dari dinas kesehatan hewan kabupaten dan provinsi telah memeriksa kesehatan sapi ini. Semuanya sehat dan terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)," ujarnya.

Selain itu ia juga menghimbau kepada panitia hewan kurban agar memperhatikan kebersihan kandang dan pola makan sapi yang akan di sembelih pada Raya Idul Adha tahun ini.

"Selain kesehatannya, kebersihan dan pola makannya agar diperhatikan juga," ujarnya.

Ia menjelaskan daging hewan kurban itu akan didistribusikan kepada warga Nagari Kajai dan sekitarnya yang merupakan korban gempa yang terjadi 25 Februari 2022 lalu.

Ia mengucapkan terimakasih atas bantuan Gubernur Mahyeldi dan keluarga besar Dinas Peternakan Propinsi Sumbar beserta Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman Barat.

Ia sangat terharu, apa lagi daging kurban itu juga akan dibagikan buat korban gempa Talamau.*

Baca juga: Hewan kurban yang disembelih di Kemenkes dipastikan bebas penyakit

Baca juga: Pemprov Jatim terima laporan 17 ribu lokasi pemotongan hewan kurban

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022