Sleman (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan bahwa akses jaringan area lokal nirkabel atau WiFi gratis sudah disediakan di 593 dari total 1.212 padukuhan di wilayah Sleman.

"Kami targetkan program WiFi gratis ini dapat menjangkau seluruh padukuhan di Sleman pada akhir 2022," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman Eka Surya Prihantara di Sleman, Sabtu.

Ia mengemukakan bahwa wilayah Kabupaten Sleman meliputi banyak perbukitan dan bagian lereng Gunung Merapi dan kondisi yang demikian menghadirkan kendala dalam pemasangan perangkat WiFi hingga tingkat padukuhan.

"Selain itu juga ada sejumlah padukuhan yang belum memenuhi persyaratan administrasi berupa pengajuan surat resmi ke Bupati Sleman dengan menyertakan data teknis," katanya.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, menurut dia, sudah meminta para panewu (camat) untuk membantu aparat padukuhan menyiapkan persyaratan administrasi pengajuan permohonan pemasangan perangkat WiFi gratis.

"Target akhir 2022 di seluruh padukuhan sudah bisa terpasang satu titik WiFi," katanya.

Eka mengatakan bahwa tahun ini dinas berupaya merampungkan pemasangan perangkat WiFi di 619 lokasi lagi.

Ia menjelaskan bahwa penyediaan akses WiFi gratis di padukuhan dilakukan dengan berlangganan ke penyedia akses internet atau membangun menara di lokasi-lokasi dengan kategori sulit sinyal karena lokasi tidak terjangkau jaringan infrastruktur penyedia layanan internet.

Menurut dia, perangkat WiFi gratis yang dipasang di padukuhan rata-rata memiliki kecepatan 30 sampai 50 Mbps dan bisa digunakan untuk 40 hingga 60 pengguna dalam radius sekitar 40 meter.

Pemerintah Kabupaten Sleman memprioritaskan penyediaan akses WiFi gratis di area-area yang selama ini belum terjangkau layanan akses internet.

Selain memasang perangkat WiFi di padukuhan, Pemerintah Kabupaten Sleman menyediakan akses WiFi di ruang-ruang publik.

"Total sudah ada 658 titik yang dipasang, antara lain di Gedung Perkantoran Pemkab Sleman, puskesmas, sekolah, fasilitas umum, hingga pasar," kata Eka.

Baca juga:
Sleman akan pasang WiFi gratis di setiap padukuhan
Yogyakarta tidak hanya andalkan APBD untuk sediakan WiFi publik gratis

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022