"Kami sudah meluncurkan pelayanan akses internet nirkabel gratis di dua lokasi, yaitu di Alun-Alun Taman Merdeka dan di sekitar Kantor Diskominfo Pangkalpinang," kata pelaksana tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang Febri Ya
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan fasilitas akses internet nirkabel atau wifi gratis di Alun-Alun Taman Merdeka sebagai langkah dalam mewujudkan "smart city".

"Kami sudah meluncurkan pelayanan akses internet nirkabel gratis di dua lokasi, yaitu di Alun-Alun Taman Merdeka dan di sekitar Kantor Diskominfo Pangkalpinang," kata pelaksana tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang Febri Yanto di Pangkalpinang, Senin.

Menurut dia, penyediaan layanan akses internet nirkabel gratis ini merupakan salah satu bentuk pelayanan prima sekaligus upaya agar masyarakat di daerah itu semakin produktif.

Ia mengatakan, akses internet gratis yang disediakan Pemkot Pangkalpinang tersebut berlaku mulai 1 Januari hingga 31 Desember 2023 atau satu tahun penuh.

Untuk cakupan saat ini, kata dia, baru di Alun-Alun Taman Merdeka dan sekitar Kantor Diskominfo Kota Pangkalpinang. Untuk di Alun-Alun bisa diakses di dengan daya jangkau seluruh kawasan tersebut semuanya bisa mendapatkan akses internet gratis, sedangkan yang di sekitar kantor Diskominfo semuanya terkoneksi dengan alat yang ada di kantor tersebut.

Dalam penyediaan layanan ini, kata Febri, tidak ada kriteria khusus dan semuanya tanpa password dengan kecepatan akses rata-rata di atas 100 Mbps.

Namun, untuk masuk dalam jaringan tersebut para pengguna terlebih dahulu harus melakukan akses masuk ke laman yang telah disediakan Diskominfo Kota Pangkalpinang.

"Setelah itu ada petunjuk untuk dikoneksikan, kemudian otomatis tersambung tanpa menggunakan sandi kunci," katanya.

Adapun pengunjung Alun-Alun Taman Merdeka yang berasal dari luar Pangkalpinang juga dapat menikmati fasilitas akses internet gratis tersebut.

"Seluruh warga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut, semua kita berikan untuk pelayanan prima kepada masyarakat," ujarnya.

Peluncuran akses internet gratis di awal tahun 2023 ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas warga dan mendukung upaya dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah itu.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023