bantuan ini bertahap, tahun depan akan ada lagi
Kendari (ANTARA) - Sebanyak 29 titik yang tersebar pada 11 desa, 16 sekolah, satu UMKM dan satu kelompok kegiatan masyarakat di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) menikmati akses internet gratis.

Bantuan layanan akses internet (AI) Internet BAKTI Kementerian Kominfo RI kepada Pemda Koltim, yang diterima dan diserahkan Bupati Koltim, Abd.Azis di Aula Rujab Koltim, Senin.

Dalam sambutannya, Bupati Koltim menyampaikan jika program AI ini, bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang belum memiliki akses internet, untuk terhubung dengan dunia digital, dengan kantor wilayah Koltim yang berbukit-bukit, menjadikan beberapa wilayah tidak terjangkau dengan jaringan telekomunikasi dan akses internet.

Sehingga kata dia, program ini merupakan komitmen dari Pemda Koltim dalam menjangkau wilayah-wilayah yang susah mendapatkan AI.

Untuk itu, melalui program ini ingin memastikan bahwa penyebaran informasi dan komunikasi dapat merata dalam wilayah Koltim, agar dimanapun masyarakat dapat merasakan manfaat dari internet tanpa batasan.

Baca juga: Kemenkominfo bangun jaringan internet gratis di Aceh Selatan
Baca juga: Ganjar ingin hadirkan internet gratis di sekolah


Disebutkan Bupati, wilayah Koltim yang tersebar di 12 kecamatan, telah memiliki menara BTS yang aktif sebanyak 44, dan 1 BTS Combat sedang on progress pembangunan di Kecamatan Lambandia, akan tetapi masih banyak terdapat wilayah blankspot dan sinyal rendah.

Untuk itu pemerintah daerah melalui Dinas Kominfo, telah mengusulkan bantuan sebanyak 66 titik BTS, dengan rincian 27 titik BTS di Bakti Kominfo dan 39 titik BT di Direktorat Telekomunikasi.

Kata Abd Azis, untuk usulan AI, telah di usulkan sebanyak 74 titik bantuan AI gratis, dan telah terpasang atau on air sebanyak 40 titik. Adapun jumlah bantuan yang akan disalurkan pada tahun ini sebanyak 29 titik yang tersebar di delapan kecamatan Kabupaten Koltim.

Disebutkannya, untuk Kecamatan Ueesi 9 titik, Kecamatan Uluiwoi 6 titik, Kecamatan Mowewe 1 titik, Kecamatan Ladongi 1 titik, Kecamatan Dangia 6 titik, Kecamatan Poli-Polia 2 titik, Kecamatan Aere 3 titik dan Kecamatan Lambandia 1 titik.

“Saya berharap, bantuan fasilitas layanan akses internet gratis ini nantinya, dapat bermanfaat bagi seluruh kalangan masyarakat Kolaka Timur," ujar Bupati didampingi Kadis Kominfo I Nyoman Abdi.

Baca juga: Telkomsat Berikan Bantuan Layanan Internet Gratis untuk Sekolah di Daerah 3T
Baca juga: Bangka Selatan sediakan jaringan internet gratis di pulau terluar


Dengan adanya bantuan akses internet gratis ini, masyarakat Kolaka Timur yang berdomisili jauh dari pusat kota dan tidak terjangkau oleh internet, bisa mendapatkan kemudahan dalam memperoleh informasi serta bisa menggunakan berbagai layanan melalui akses internet.

Apalagi saat ini, banyak layanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat menggunakan internet, seperti pendidikan, kesehatan, kependudukan, ragam transaksi serta banyak lagi, sebut bupati.

Kepala Dinas Kominfo Koltim I Nyoman Abdj menyebut, AI ini untuk kebutuhan akses internet tersebar di 29 titik. Dengan rincian, 11 desa, 16 sekolah, 1 UMKM, 1 kelompok kegiatan masyarakat.

”Kami masukan data sudah lebih dari 29 titik, tapi bantuan ini bertahap, tahun depan akan ada lagi. Kami akan terus mem-follow up atas arahan bapak Bupati, semoga semua daerah blankspot, bisa dapat bantuan ini. Sebelumnya sudah ada 40 titik se-Kecamatan Uluiwoi Ueesi ditambah seluruh Puskesmas,” ucapnya.

Baca juga: Semangat pemuda Garut majukan UMKM dan pesantren melalui "go digital"
Baca juga: Pemkab Jayapura segera fasilitasi internet gratis di Kota Sentani
Baca juga: 541 pelaku UMKM di Magetan dapat bantuan internet jaringan fiber optik

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023