Palembang (ANTARA) - PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang yang merupakan anak perusahaan Holding PT Pupuk Indonesia (Persero) berupaya terus mengembangkan kegiatan dalam mendukung Program Community Development (Condev) di sekitar perusahaan.

Salah satunya pengembangan ekowisata Pulau Kemaro Berbasis Masyarakat, dimana program ini sudah dimulai sejak 2019 dengan bantuan instalasi air bersih, FGD penguatan konsep ecotourism berbasis masyarakat, budi daya ikan lokal, penerangan jalan lampu solar cell dan pertanian terpadu nol sampah atau zero waste.

Direktur Utama PT Pusri Palembang Tri Wahyudi Saleh di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu, menjelaskan tujuan Program Comdev yaitu guna mewujudkan ekowisata di Pulau Kemaro dengan pengelolaan berbasis masyarakat, melalui upaya pencapaian kesejahteraan masyarakat dan pertanian terpadu zero waste.

Zero Waste ini merupakan salah satu program yang mendorong masyarakat sekitar untuk mengumpulkan dan memilah sampah rumah tangga, sehingga terwujud pengelolaan sampah yang secara bertahap mengarah pada nol sampah.

Kemudian pertanian terpadu zero waste ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan sosial yang ada di Pulau Kemaro, dimana sawah terendam saat musim hujan dan banyak tumbuhan eceng gondok, dan juga sampah plastik yang terperangkap di antara rumah-rumah penduduk di Pulau Kemaro.

Baca juga: Wamentan pastikan stok pupuk Pusri penuhi kebutuhan petani

“Konsep pertanian ini adalah dengan melakukan composting eceng gondok. Kompos eceng gondok ini nantinya akan digunakan sebagai media penanaman cabai sedangkan sampah botol plastik dibuat menjadi media floating farming” ujar Tri.

Program ini akan sampai dengan pengolahan produknya yaitu cabai dan sayur-sayuran mulai dari packaging dan pemasaran hasil.

Untuk itu pihaknya bekerja sama dengan Pusat Studi Pembangunan Masyarakat dan Kawasan (PSPMK) melakukan berbagai kegiatan diantaranya lokakarya pertanian terpadu zero waste,

Lalu pembagian alat dan bahan hidroponik kepada masyarakat Pulau Kemaro, dinamika penguatan kelompok dan strukturisasi kelembagaan program pertanian terpadu, dan pendampingan khusus dari tenaga yang kompeten di bidangnya.

Selain itu juga guna menjaga keseimbangan pelestarian lingkungan di Pulau Kemaro , sehingga PT Pusri selalu mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan rutin melaksanakan gotong royong.

Baca juga: DLH-Pusri Palembang gelar bersih-bersih di Teluk Lampung


 

Pewarta: Dolly Rosana/Indra Gultom
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022