​​​​​Penghargaan itu merupakan sebuah pengakuan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan....
Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, Sumatera Selatan meraih penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) Tahun 2023 atas komitmen merealisasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan kepada masyarakat di Pulau Kemaro, Palembang.

Vice Presiden Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PT Pusri Alde Dyanrini, di Palembang, Minggu, mengatakan AREA merupakan salah satu program pemerintah bekerjasama dengan NGO, Enterprise Asia, untuk mempromosikan daya saing dan pengembangan kewirausahaan berkelanjutan sebagai upaya mengangkat status ekonomi masyarakat di seluruh Asia.

Pusri Palembang selaku anak perusahaan PT Pupuk Indonesia mendapatkan penghargaan AREA ini atas serangkaian penilaian yang diumumkan pada Jumat (30/6), di NagaWorld, Phnom Penh, Kamboja.

​​​​​Penghargaan itu merupakan sebuah pengakuan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan, karena telah menunjukkan komitmen dan prestasi luar biasa dalam bidang TJSL perusahaan dan berkelanjutan di Asia, serta untuk memberikan apresiasi dan penghargaan bagi perusahaan-perusahaan terbaik dan kompetitif di Asia yang telah menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab dalam tujuh kategori.

Kategori tersebut, yaitu Green Leadership, Investment in People, Health Promotion, Social Empowerment, Corporate Governance, Circular Economy Leadership and Responsible Business Leadership.

Dalam penilaian itu, kata dia, Asia Enterprise selaku penyelenggara AREA Award menilai bahwa Pusri Palembang telah berkontribusi pada peningkatan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Pulau Kemaro melalui program SESERA.

Adapun melalui program SESERA ini, Pusri memberikan pendampingan dan pengembangan kompetensi masyarakat Pulau Kemaro yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan dan petani.

Pulau Kemaro merupakan delta kecil seluas 79 hektare berjarak sekitar enam kilometer dari pusat Kota Palembang, dengan jumlah penduduk tercatat sebanyak 500 kepala keluarga.

Selain itu, perusahaan juga memfasilitasi masyarakat dengan membuat keramba jaring apung (KJA), pertanian rerpadu zero waste, dan pengolahan air minum SESERA sebagai modal meningkatkan perekonomian mereka berkelanjutan, kata Alde pula.
Baca juga: Pusri Palembang distribusikan 374 ribu ton pupuk subsidi ke petani
Baca juga: Pusri Palembang jamin ketersediaan pupuk subsidi hingga Juli 2023

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023