Kupang (ANTARA) - Bintang Timur Atambua (BeTA) dari Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur berhasil mengalahkan tim elit pro Akademy Persija Jakarta 3-1 dalam turnamen babak penyisihan grup D Nusantara Open 2022 di Stadion Pakansari Bogor, Senin sore.

Bintang Timur Atambua Tampil menyerang sejak pluit babak pertama dibunyikan sehingga membuat Persija Jakarta kebobolan pada menit kelima melalui tendangan manis Jualiandro yang lolos dari berkat umpan lambung manis kapten tim Bintang Timur Atambua Glen Saputra Billy pada menit ke 5.40.

Usai gol pertama tim asuhan Maman Suryaman dan Manager Tim Serena Francis itu terus menekan Persija Jakarta muda dan terus mengancam gawang lawan.

Permainan jual beli serangan terjadi usai BeTA membobol gawang Persija Jakarta yang dijaga oleh M Ghana Hadi. Namun sayangnya sejumlah serangan Persija Jakarta mental di pertahanan kokoh BeTA yang dipimpin oleh Alexander.

Baca juga: Pemain BeTA dalam kondisi prima jelang lawan Persija

Persija Jakarta yang asyik menyerang akibat tertinggal 1-0, justru kembali kebobolan dua menit kemudian melalui tendangan Glen Saputra Billy saat bebas dari pengawalan pemain belakang Persija Jakarta. Skor 2-0 bagi beta.

Beberapa kali Persija Jakarta berusaha menyerang dan beberapa kali juga pelanggaran di dekat kotak 16 sehingga beberapa tendangan bebas sedikit membahayakan gawang yang dijaga oleh Dewa Saputra.

Pertahanan Persija sempat terlihat panik saat tertinggal 2-0. Kesempatan itu dimanfaatkan oleh Glen dan kawan-kawannya sehingga pada menit ke 15 gol kembali terjadi melalui kaki pemain belakang BeTA Alexander saat terjadi kemelut depan gawang M Ghana Hadi.

Persija Muda juga berusaha memperkecil keunggulan, namun sampai menit ke 40 turun minum BeTA masih unggul 3-0.

Memasuki babak kedua. Persija Jakarta tampil dominan. Anak-anak asuh pelatih Kepala Bblitz Tarigan itu sejak menit awal sudah terus menekan pertahanan dari Alexander.

Beberapa penyelamatan penting berhasil ditunjukkan penjaga gawang BeTA Dewa Saputra.Persija baru bisa memperkecil keunggulan 3-1 pada menit ke 74 melalui pemain penggantinya pada menit ke 74 setelah aksi impresif Zain di pojok kiri gawang BeTA.

Baca juga: Prabowo Subianto-Iwan Bule buka turnamen Nusantara Open 2022

Pelatih Kepala BeTA Maman Suryaman dihubungi dari Kupang, Senin usai pertandingan mengatakan bahwa kemenangan melawan Persija itu ada hal positif karena di atas kertas BeTA kalah segala-galanya mulai dari teknik, fisik dan lainnya.

"Tapi kemenangan ini ada modal untuk bertemu Borneo FC nanti pada Rabu (20/7)," tambah dia.

Ia mengaku tak banyak menerapkan strategi saat melawan Persija.Dia hanya meminta anak-anaknya bermain lepas dan apa adanya, dan ia mengaku bangga dengan permainan Glen dan kawan-kawannya.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022