Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Atletik Indonesia (PB PASI) kembali menggelar Kejuaraan Nasional Atletik pada 6-11 Agustus di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah setelah sempat absen selama dua tahun akibat pandemi COVID-19.

Kejurnas yang terdiri dari kategori U-18, U-20, serta senior ini akan memperlombakan 124 nomor dan diikuti oleh 1.500 atlet dari 34 provinsi di Indonesia.

"Kejurnas tahun ini diselenggarakan di Semarang untuk membangun semangat daerah, setelah puluhan tahun tidak pernah diadakan di luar daerah. Selain itu juga bertujuan mengembalikan marwah atletik sebagai cabang olahraga yang mudah, murah dan bisa dinikmati semua kalangan," ujar Ketua Umum PB PASI Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan resminya, Senin.

Luhut menyebutkan, PB PASI punya mimpi besar agar cabang olahraga atletik maju. Oleh karena itu pihaknya akan terus mendorong kegiatan seperti ini agar bisa digelar secara rutin, baik dalam format Kejuaraan Daerah maupun Kejuaraan Nasional.

Baca juga: PASI bakal gelar Kejurnas Atletik sebelum Asian Games Hangzhou 2022

Tujuannya agar membangkitkan kembali semangat atlet dan pelatih untuk mengejar target-target mereka, serta melahirkan bibit-bibit atlet dari daerah setelah sekian lama terhenti karena pandemi.

Segala langkah baik seperti Kejurnas akan terus dilakukan agar cita-cita cabang olahraga atletik yang lebih maju, modern, dan berprestasi bisa terwujud.

"Saya berharap agar seluruh peserta, pelatih, hingga sponsor yang ikut serta dalam kegiatan Kejurnas ini kembali mempersiapkan diri untuk menyongsong cabang olahraga Atletik yang lebih maju ke depannya," ucapnya.

Selain menggelar Kejurnas Atletik 2022 di Semarang, PB PASI juga akan menggelar Rapat Anggota yang dihadiri oleh seluruh Pengurus Provinsi (Pengprov) di Indonesia.

Baca juga: Ribuan peserta ikuti kejuaraan atletik Danjen Kopassus Cup 2022

Rangkaian acara akbar PB PASI juga akan diramaikan oleh UMKM yang berada di halaman parkir Stadion Tri Lomba Juang. Berbagai UMKM lokal di Semarang dan Jawa Tengah berkesempatan mengenalkan produk-produk lokal.

Tidak hanya itu, penonton yang hadir untuk menyaksikan kemeriahan dan keseruan kompetisi Kejurnas Atletik 2022 juga bisa hadir secara gratis.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022