sejak dibuka 15 Juli lalu hingga hari ini tercatat 368 penumpang, dengan rincian 105 peserta melakukan vaksin di Stasiun Gambir dan 263 peserta melakukan vaksin di Stasiun Pasarsenen
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyampaikan bahwa sebanyak 368 calon penumpang memanfaatkan pelayanan vaksin di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

"Sementara sejak dibuka 15 Juli lalu hingga hari ini tercatat 368 penumpang, dengan rincian 105 peserta melakukan vaksin di Stasiun Gambir dan 263 peserta melakukan vaksin di Stasiun Pasarsenen," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Eva mengatakan aturan baru perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang mengacu pada SE Kementerian Perhubungan Nomor 72 telah diterapkan sejak 17 Juli 2022.

KAI Daop 1 Jakarta menilai sosialisasi yang dilakukan berjalan baik. Berdasarkan evaluasi hari pertama pada 17 Juli kemarin, dari total 18.800 pengguna jasa yang berangkat melalui Stasiun Gambir dan Pasar Senen hanya terdapat 13 calon pengguna yang batal berangkat karena tidak memenuhi syarat protokol kesehatan seperti memiliki hasil antigen positif atau belum vaksin.

Adapun sesuai SE Kemenhub Nomor 72 Tahun 2022 pelanggan KAJJ usia di atas 17 tahun yang belum mendapatkan vaksinasi ketiga (booster) wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku pada saat boarding.

"Daop 1 Jakarta mengimbau kepada seluruh calon pengguna Jasa KA agar memperhatikan kembali dan menyiapkan persyaratan dengan baik sebelum berangkat," katanya.

Ia menuturkan untuk melengkapi persyaratan perjalanan, layanan vaksin gratis tersedia di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir dengan jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Sementara untuk layanan antigen saat ini juga telah tersedia di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

PT KAI Daop 1 Jakarta mengingatkan kepada calon penumpang yang akan melakukan perjalanan menggunakan KAJJ untuk memperhatikan kembali persyaratan yang telah ditetapkan.

Ia memastikan seluruh pelanggan yang menggunakan jasa kereta api telah memenuhi persyaratan sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya," pungkasnya.


Baca juga: Tingkatkan layanan, KAI tambah tempat vaksinasi gratis di stasiun
Baca juga: Layanan vaksinasi COVID-19 tetap tersedia di Stasiun Senen & Gambir
Baca juga: KAI Surabaya sediakan layanan vaksinasi COVID-19 gratis di stasiun

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022