Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin (18/7) yang menarik untuk dibaca pagi ini, diantaranya transmisi COVID-19 di Jakarta sudah level 3, izin penggunaan Paxlovid untuk pengobatan COVID-19, dan Kementerian Sosial membantu petani garam mengembangkan usahanya.

Menkes: Transmisi COVID-19 di Jakarta sudah level 3

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan tingkat transmisi atau penularan COVID-19 di DKI Jakarta sudah mencapai level 3, sementara transmisi secara keseluruhan untuk Indonesia masih di level 1.

“Secara keseluruhan Indonesia tingkat transmisi kita untuk standar WHO (Badan Kesehatan Dunia) masih ada di level 1, tapi beberapa provinsi seperti DKI Jakarta udah ada di level 3,” kata Menkes di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, usai rapat terbatas evaluasi PPKM.

Menkominfo: Pengembang medsos harus segera daftar sebagai PSE

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengingatkan kepada para pengembang aplikasi media sosial (medsos) untuk segera mendaftarkan diri sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) Lingkup Privat.

"Nah saya menyarankan sekali lagi, segeralah mendaftar, apalagi pendaftarannya dilakukan dengan OSS (Online Single Submission)," kata Johhny di Pusdikhub Kodiklat AD, Kota Cimahi, Jawa Barat, Senin.

Kementerian Sosial bantu petani garam kembangkan usaha

Kementerian Sosial membantu petani garam meningkatkan produksi dan mengembangkan usaha melalui Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS).

Menurut siaran pers kementerian yang diterima di Jakarta, Senin, ProKUS meliputi pemberian bantuan dana pembuatan ladang garam dengan teknologi tunnel yang memungkinkan petani garam tetap berproduksi semasa hujan serta pendampingan bagi petani garam.

BPOM izinkan penggunaan Paxlovid untuk pengobatan COVID-19

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengizinkan penggunaan darurat obat Paxlovid tablet salut selaput untuk pengobatan pasien COVID-19 di Indonesia.

BPOM pada Minggu (17/7) menerbitkan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) obat Paxlovid tablet salut selaput, obat terapi antivirus inhibitor protease SARS-CoV-2 yang dikembangkan dan diproduksi oleh Pfizer.

Sebanyak 53,1 juta penduduk Indonesia telah mendapat vaksinasi penguat

Sebanyak 53.126.957 penduduk Indonesia telah mendapatkan vaksinasi dosis penguat hingga Senin (18/7), pukul 12.00 WIB.

Data Kementerian Kesehatan menyebutkan jumlah tersebut mengalami penambahan 70.195 orang dibandingkan dengan hari sebelumnya.

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022