Los Angeles (ANTARA) - Perhiasan dan permata senilai jutaan dolar AS dicuri dari sebuah truk lapis baja yang melintasi bagian utara Los Angeles, California, AS pekan lalu, kata pihak berwenang, Senin.

Pencurian terjadi pada 11 Juli dini hari di kota Frazier Park ketika truk milik Brink's Co itu tengah menuju fasilitas penyimpanan, kata Brandy Swanson, direktur Pameran Permata dan Perhiasan Internasional, yang menggelar pameran ritel di sejumlah kota.

Pihak berwenang semula melaporkan insiden itu terjadi di kota Lancaster di Gurun Mojave, Los Angeles, tetapi petugas FBI kemudian memastikan lokasinya di Frazier Park, sekitar 80 km arah barat Kern County.

"Semua perhiasan itu bagus… dan hilang begitu saja," kata seorang vendor pemilik perhiasan kepada stasiun TV KCAL9, yang berbicara secara anonim.

"Minggu Anda punya perhiasan, hari ini Anda tak punya apa-apa," katanya, menambahkan.

Dia mengatakan banyak barang yang dicuri pernah dia tunjukkan lewat rekaman video, seperti gelang berkilau dari emas 18 karat dan batu safir alam multi warna 100 karat.

Barang-barang yang dicuri terdiri atas 25 hingga 30 loker perhiasan dan permata milik 18 peserta individu di sebuah pameran di San Mateo, selatan San Francisco, kata Swanson.  Perhiasan tersebut sedang diangkut ke gudang sebelum dipamerkan lagi di Pasadena.

Belum ada informasi lebih terperinci tentang pencurian itu.

Menurut Brink, barang yang hilang senilai kurang dari 10 juta dolar AS, tetapi Swanson mengatakan nilainya mendekati 100 juta dolar AS (Rp1,5 triliun).

Tentang perbedaan itu, Swanson mengatakan peserta kecil pameran cenderung mengurangi nilai barang mereka untuk asuransi karena tingginya ongkos penjaminan.

Swanson mengatakan pihaknya sedang bekerja sama dengan penegak hukum setempat dan FBI.

Belum jelas bagaimana pencurian dilakukan, apakah ada alat pelacak di loker perhiasan, atau apakah ada kamera pengawas di truk atau di lokasi kejadian, kata dia.

"Korbannya dari kalangan pribadi, tetapi nilai barang dalam loker-loker perhiasan itu melebihi perkiraan orang," kata Swanson.

"Itu hidup mereka. Tabungan seumur hidup mereka kini lenyap."

Sumber: Reuters
Baca juga: Interpol usut hilangnya permata di Festival Cannes
Baca juga: Festival Cannes dicemari insiden pencurian perhiasan
Baca juga: Berlian Bernilai Jutaan Dolar Dicuri Dalam Pameran di Basel

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022