membawa misi diplomasi negara mewakili Indonesia kepada negara-negara sahabat
Surabaya (ANTARA) - Kapal Republik Indonesia (KRI) Bima Suci kembali menjalankan misi pelayaran operasi diplomasi muhibah duta bangsa ke sejumlah negara.

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmad Heri Purwono, Selasa sore, memberangkatkan pelayaran itu dari Dermaga Madura, Komando Armada (Koarmada) II Surabaya.

"Pelayaran ini sekaligus untuk mendukung latihan praktik pelayaran Kartika Jala Krida Taruna Akademi Angkatan Laut angkatan ke-69/tahun 2022," katanya kepada wartawan di sela melepas pelayaran KRI Bima Suci di Surabaya.

Pelayaran itu membawa 208 orang, terdiri atas 92 anak buah kapal (ABK) KRI Bima Suci, serta 102 orang taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke- 69 tahun 2022, ditambah 14 orang staf latihan.

Pelayaran akan berlangsung selama 3 bulan atau 91 hari, dengan menempuh jarak 11.122 mil laut, dengan rute pelayarannya Surabaya-Jakarta-Singapura-Sabah (Malaysia) lalu ke Tual, dan Maluku.

Selanjutnya, menuju ke Australia, antara lain, singgah di Townsville, Sydney, Cairns, dan Darwin, kemudian kembali ke Surabaya dengan terlebih dahulu singgah di Bali.

"Ini merupakan misi latihan untuk melaksanakan potensi-potensi yang telah dipelajari oleh taruna di tingkat IV Akademi Angkatan Laut. Di samping juga membawa misi diplomasi negara mewakili Indonesia kepada negara-negara sahabat yang dikunjungi," ujar Ahmad Heri Purwono.

Wakasal Heri mengatakan selama singgah di Malaysia, Singapura, dan sejumlah kota di Australia, seluruh personel KRI Bima Suci dan taruna AAL akan melaksanakan kunjungan kehormatan ke pejabat setempat.

"Sekaligus mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Indonesia terhadap masyarakat setempat," ucapnya.

Baca juga: Kisah kuli yang kini jadi Komandan KRI Bima Suci

Baca juga: KRI Bima Suci gelar lomba dayung di perairan Raja Ampat

Pewarta: A Malik Ibrahim/Hanif Nashrullah
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022