Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Selasa (19/7), mulai dari Ketua KPU sebut boleh kampanye di lingkungan kampus, hingga RI dan Timor Leste teken empat MoU dari pertanian hingga perdagangan.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.


Ketua KPU sebut boleh kampanye di lingkungan kampus

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengatakan kampanye politik boleh dilakukan di lingkungan kampus atau perguruan tinggi sepanjang memenuhi sejumlah ketentuan.

"Boleh saja. Mahasiswa pemilih, dosen pemilih. Kenapa kampanye di kampus tidak boleh? Mestinya boleh," kata Hasyim usai menghadiri Sarasehan Kebangsaan di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


Erick Thohir siap mewujudkan ekosistem perikanan terintegrasi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir siap membangun ekosistem perikanan Indonesia lewat kolaborasi antara BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Kelautan dan Perikanan hingga Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI).

"Tantangan di sektor perikanan sangat kompleks, kita harus ikut perubahan, kalau kita berdiam diri, kita tidak akan ke mana-mana," ujar Erick saat menjadi narasumber dalam Munas IV KNTI bertajuk "Aksi Kolaborasi Pemenuhan Hak Nelayan Tradisional menuju Indonesia yang Mandiri, Adil, Makmur, dan Lestari", di Gedung Smesco Tower, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


Jenazah pilot pesawat T-50i jatuh di Blora disemayamkan di Skadud 15

Jenazah pilot pesawat T-50i Golden Eagle yang gugur akibat jatuhnya pesawat bernomor TT 5009 di Desa Nginggil, Kabupaten Blora, Jateng, Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi, disemayamkan di Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi Magetan, Jatim.

Jenazah Lettu Pnb Allan disemayamkan di hanggar kesatuan tugasnya semasa hidup setelah berhasil dievakuasi dari lokasi jatuhnya pesawat latih tempur T-50i Golden Eagle yang berupa area perbukitan dan hutan di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Blora.

Selengkapnya baca di sini.


Wakil Ketua DPR: Kominfo komunikasikan perusahaan untuk mendaftar PSE

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengkomunikasikan perusahaan teknologi domestik maupun asing agar segera mendaftar penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat sebelum tanggal 20 Juli 2022.

"Langkah itu untuk menghindari pemblokiran. Kalau aplikasi tersebut diblokir akan menyulitkan masyarakat, instansi pemerintahan, dan swasta yang menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut dalam aktivitasnya," kata Muhaimin dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


RI dan Timor Leste teken empat MoU dari pertanian hingga perdagangan

Pemerintah Indonesia dan Timor Leste sepakat menandatangani empat nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dari sektor pertanian, perhubungan, hingga perdagangan.

Penandatanganan tersebut saat Presiden RI Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Demokratik Timor Leste José Manuel Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022