kalau weekend enggak ada, jadi agak sulit di situ
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah penumpang TransJakarta meminta layanan empat rute yang mulai beroperasi pada Kamis ini mulai pukul 05.00- 22.00 WIB, salah satunya Blok M-Manggarai (6M) tetap tersedia pada akhir pekan.

Pegawai swasta yang tinggal di Bekasi, Jawa Barat, Andari mengaku kesulitan menuju Stasiun Manggarai saat harus bertugas di kawasan Jalan Sudirman pada akhir pekan.

Baca juga: TransJakarta perpanjang jam operasional mulai Senin 11 April 2022

"Biasanya naik ke Manggarai kalau malas ke Stasiun Sudirman. Pernah pas weekend nunggu TransJakarta arah Manggarai kok enggak datang ternyata kalau weekend enggak ada, jadi agak sulit di situ," kata dia di Jakarta, Kamis.

Andari menyambut baik kebijakan PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menambah jam operasional layanan salah satunya rute Blok M-Manggarai karena memudahkan penumpang saat harus pulang lebih dari pukul 21.30 WIB.

"Biar enggak buru-buru, apalagi saya kadang suka pulang malam. Penambahan jam operasional sangat membantu, jadi enggak takut ketinggalan transportasi umum," tutur dia.

Setali tiga uang dengan Andari, penumpang TransJakarta lainnya, Muyas mengaku senang mengetahui kebijakan penambahan jam operasional layanan transportasi massal itu.

Mahasiswi pada salah satu perguruan tinggi swasta kawasan Jakarta Selatan itu berharap nantinya ada penambahan hari operasional layanan dan jumlah armada bus setiap hari. Hal ini agar dia tak perlu menunggu bus terlalu lama.

"Diperbanyak armadanya, jadi enggak perlu menunggu lama. Bisa 20 menit nunggu," ujar dia yang memanfaatkan layanan TransJakarta rute Blok M- Manggarai tiga kali selama sepekan.

Penumpang TransJakarta lainnya, Sari mengaku baru mengetahui ada kebijakan penambahan jam operasional layanan. Perempuan asal Ciputat, Tangerang Selatan itu sehari-hari memanfaatkan bus rute Ciputat-Tosari (S21).

Baca juga: TransJakarta perpanjang jam operasional mulai Jumat besok
Dua penumpang duduk di dalam bus Transjakarta di Halte Harmoni, Jakarta, Senin (10/1/2022). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan penyesuaian jam layanan operasional dimulai pukul 05.00-21.30 WIB dan untuk layanan malam hari pukul 21.31-22.30 WIB usai ditetapkannya status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi Level 2 di Jakarta. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym.

Biasanya, dia naik dari halte Tosari dan turun di halte Ciputat. Sari menuturkan rata-rata menunggu sekitar 15 menit untuk bisa menaiki bus menuju halte tujuan.

"Biasanya saya sudah pulang sebelum jam 10.00 WIB, sekarang lebih enak kalau ada penambahan jam. Jadi enggak usah buru-buru," tutur dia.

Sementara itu, petugas onboard rute Tosari-Ciputat, Jaya mengatakan layanan operasional bus hanya tersedia pada hari-hari kerja atau Senin-Jumat. Penumpang biasanya perlu menunggu 10-15 menit untuk menaiki bus.

Dia mengingatkan, saat ini penaikan penumpang tujuan Ciputat dilakukan di Halte Karet Sudirman, bukannya Tosari.

"Ada perbaikan (di halte Tosari). Jadi penaikan penumpang dari Halte Karet," kata dia.

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) hari ini resmi melakukan perpanjangan jam operasional layanan pada empat rute yakni Senen-Tanah Abang (1R), Blok M-Stasiun Manggarai (6M), Kebayoran Lama-Jelambar (9E) dan Ciputat-Tosari (S21).

Layanan TransJakarta di keempat rute itu beroperasi mulai pukul 05.00-22.00 WIB setiap hari kerja atau Senin-Jumat.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor melalui keterangan tertulisnya berharap perpanjangan jam ini dapat memaksimalkan layanan bagi penumpang yang biasa mengakses rute-rute tersebut.

“Kami akan melakukan penyesuaian jam operasional pada rute-rute lainnya yang masih beroperasi dengan jam-jam tertentu. Harapannya mobilitas masyarakat bisa terlayani dengan penuh, aman dan nyaman,” kata dia.

Dia menambahkan, calon penumpang yang ingin menggunakan layanan Transjakarta wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku serta melakukan tap in dan tap out Kartu Uang Elektronik (KUE) baik pada gate maupun alat Tap On Bus (TOB) yang tersedia setiap memasuki dan ke luar halte.

Baca juga: DKI batasi kapasitas dan jam operasional transportasi

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022