Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman didampingi Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani melepas peserta gerak jalan santai Sulsel Anti Mager (Malas Gerak) di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu.

Ini menjadi kali kedua, Sulsel Anti Mager 10 ribu langkah yang diikuti oleh ASN maupun non ASN lingkup Pemprov Sulsel beserta keluarga. Kegiatan tersebut berpesan “Pastikan 10 Ribu Langkah Ta Setiap Hari”.

“Hari ini kita kedua kalinya untuk Sulsel Anti Mager, ini banyaknya kejadian di usia muda sudah masuk rumah sakit karena persoalan kesehatan disebabkan karena kurangnya berolahraga. Kita perlu berusaha untuk olahraga, termasuk 10.000 langkah, untuk target ini bisa dilakukan secara bertahap,” kata Andi Sudirman.

Gubernur Sulsel menggalakkan gerakan ini sebagai upaya menjaga kebugaran tubuh, meningkatkan kebahagiaan dan produktivitas kerja. Kegiatan ini, juga sekaligus sebagai ajang silaturahmi antara pimpinan, pegawai Pemprov dan keluarga pegawai.

Selain memotivasi untuk berolahraga dan aktif bergerak, giat ini menjadi kegiatan pertama Andi Sudirman usai melaksanakan ibadah haji dan turut berjalan dengan ribuan peserta.

Pada kesempatan itu, Ia menceritakan pengalaman berhajinya, serta aturan-aturan terbaru dalam berhaji atau peraturan serta adaptasi baru yang diterapkan Pemerintah Arab Saudi.

Peserta dilepas sekira pukul 06.15 Wita. Adapun rute yang dilalui yakni Rumah Jabatan (Jalan Sudirman) - Haji Bau - Arief Rate - Sultan Hasanuddin - Sawerigading - Jendral Sudirman.

Andi Sudirman berharap gerakan ini dapat menumbuhkan kebiasaan berjalan kaki rata-rata sehari 10.000 langkah.

Andi Sudirman juga melakukan penarikan undian termasuk door prize sepeda motor listrik dan puluhan hadiah lainnya.

“Saya kira ini penting dibudayakan, karena sekarang ini banyak sekali penyakit yang ditimbulkan karena persoalan orang tidak berolahraga. Dengan giat ini diharapkan dapat semakin meningkatkan imun masyarakat kita," ujar Bupati Tana Toraja Theofilus Allererung yang turut hadir pada giat tersebut.

"Ini bukan hanya olahraga, tetapi rekreasi yang dapat meningkatkan gairah. Saya harapkan juga bagi pegawai kami di Tana Toraja juga mengikuti,” tambahnya.


Baca juga: Reuni akbar alumni IPB Sulsel diramaikan jalan santai
Baca juga: Jalan santai HUT Sulsel berhadiah tiga rumah
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama peserta jalan santai Sulsel Anti Mager di Rujab Gubernur Sulsel, Makassar, Sabtu (23/07/2022). ANTARA Foto/HO-Humas Pemprov Sulsel

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022