Kota Solok memang sedang dalam proses berupaya menjadi 'smart city' dan sangat membutuhkan kolaborasi dengan banyak pihak
Kota Solok, Sumbar (ANTARA) -
Pemerintah Kota Solok menjalin kerja sama dengan PT Duta Google Indonesia sebagai partner resmi google for education untuk penggunaan platform Google dan transformasi digital pendidikan di Kota Solok serta guna mewujudkan kota pintar.
 
Wali Kota Solok Zul Elfian Umar di Solok, Sumatera Barat, Minggu, mengatakan Kota Solok merupakan daerah tujuan pendidikan bagi daerah sekitarnya sehingga perlu meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.
 
Ia berterima kasih kepada Google yang telah bersedia membantu membawa pendidikan Kota Solok berkelas dunia, sekaligus berkomitmen bahwa pemerintah daerah akan mendukung penyelenggaraan ini secara penuh.
 
Ia juga berharap penggunaan Platform Google dalam penyelenggaraan pemerintahan dapat membantu mewujudkan Kota Solok sebagai salah satu kota pintar di Indonesia.

Baca juga: Wali Kota Solok lepas 51 jamaah calon haji akan berangkat ke Mekkah

"Diharapkan juga Google Platform for Education dapat digunakan untuk seluruh sekolah nantinya," ujar dia.
 
Khususnya di Kota Solok, ia berharap penandatanganan kerja sama ini membawa perubahan budaya baru dalam proses belajar dan mengajar siswa di Kota Solok yang berstandar kelas dunia.
 
"Kota Solok memang sedang dalam proses berupaya menjadi smart city dan sangat membutuhkan kolaborasi dengan banyak pihak," ucap dia.
 
Di samping itu, Google Platform For Education menerapkan model pembelajaran yang baru melalui Problem Based Learning yang memperkenalkan terlebih dahulu permasalahan kepada siswa untuk menemukan solusi.

Baca juga: Tagana Kota Solok sediakan 2.000 nasi bungkus per hari untuk pengungsi
 
Flipped Clasroom lebih menekankan kreativitas siswa dan Blended Learning yang merupakan kombinasi pembelajaran yang didominasi secara daring.
 
Flipped Clasroom menggunakan perangkat keras dan pembelajaran tatap muka kelas yang digunakan sebagai wadah membangun tim kerja bagi siswa.
 
Kegiatan belajar mengajar di Kota Solok ke depannya memakai platform google education.
 
"Untuk tahap awal akan dilatih para pengajar untuk mampu menggunakan chrome book. Muaranya nanti kita mengharapkan di Kota Solok akan ada sekolah referensi google berstandar internasional," katanya.

Baca juga: Pemkot apresiasi Al Azhar Internasional Islamic School di Solok
 
 
 
 

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022