Kami menilai mereka adalah anak muda kreatif yang memang perlu ada wadahnya
Jakarta (ANTARA) - Deretan bintang tamu mulai dari musisi internasional, musisi lokal, hingga seniman (artworkers) dan pelaku kreatif (creativepreneur) akan memeriahkan festival musik dan seni “ManggungDi” yang diselenggarakan secara langsung (offline) di Edutown BSD, Tangerang, pada 3-4 September 2022.

Sejauh ini, sejumlah musisi penampil (line up) yang telah diumumkan termasuk Anna Hamilton (Amerika), Ndarboy Genk, Fourtwnty, Tipe-X, Jason Ranti, Rendy Pandugo, Rizky Febian, Fiersa Besari, Basejam, Eros Tjokro, Calliope, dan Reality Club.

Festival “ManggungDi” juga menyiapkan belasan artworkers dan creativepreneur untuk memberikan pengalaman yang inspiratif bagi pengunjung, seperti Atenk (Katros Garage), Herzven (Graffiti artist), dan banyak lagi. Pihak penyelenggara mengatakan daftar penampil lainnya akan diumumkan secara bertahap.

Baca juga: FLAVS Festival 2022 hadirkan rangkaian lima kompetisi di Jakarta

Festival Director ManggungDi Rhafi Adam mengatakan acara “ManggungDi” dapat dikatakan tercipta karena tuntutan berpikir kreatif dalam kondisi yang banyak dibatasi setelah dua tahun pandemi.

“Dua tahun sudah pandemi, tentu sangat merindukan festival. Kami sebelumnya brainstorm dulu ketika sudah banyak lampu hijau untuk bikin festival. Makanya di ‘ManggungDi’ ini, kami bikin konsepnya akan berpindah-pindah tempat, yang pertama ini adalah ‘ManggungDi’ Edutown BSD,” kata Rhafi saat konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Project Director ManggungDi Reginald Safari menambahkan “ManggungDi” mengedepankan nilai (value) fleksibilitas yang tercermin di dalam penggunaan nama festival. Menurutnya, festival ini merupakan representasi kebebasan ekspresi yang positif untuk anak bangsa.

“Bisa di mana pun, kapan pun, bisa dalam bentuk apa pun, termasuk di dalamnya semua hal yang sifatnya kreatif dari musik, ekonomi kreatif. Apa pun itu bentuknya, fleksibilitaslah yang kami usung,” ujar Regi.

Baca juga: Young Gunz Festival Bali akan dihelat 17 Agustus
 
Penyelenggara dan sejumlah penampil di festival "ManggungDi" saat konferensi pers di Jakarta, (27/07/2022). Festival akan diadakan di Edutown BSD, Tangerang, pada 3-4 September 2022. (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)


Pada gelaran pertamanya, “ManggungDi” mengusung tema “Life, Live, dan Lit”. Untuk acara musik, festival akan menyediakan dua panggung utama berukuran besar yang akan digunakan para musisi secara bergantian. Selain panggung utama, penyelenggara juga menghadirkan tempat atau spot untuk sharing session dari para creativeprenuer.

Nantinya acara tidak hanya menonjolkan festival musik saja, melainkan juga menghadirkan konten-konten menarik lainnya mulai dari creative corner, bazaar dari para UMKM, hingga food truck culinary.

Pihak penyelenggara mengatakan total terdapat 20.000 tiket yang akan disediakan. Tiket prajual (pre-sale) fase pertama sudah dibuka sejak 23 Juli, dengan harga Rp150.000 untuk single day pass/reguler; Rp250.000 untuk single day pass/VIP; Rp250.000 untuk two-day pass/reguler, serta dan Rp450.000 untuk two-day pass/VIP. Tiket bisa didapatkan melalui Loket dan Gotix.

Baca juga: Festival musik akustik di Surabaya gelorakan cinta Tanah Air

Baca juga: Kemendagri dan TMII hadirkan Festival Harmoni Indonesia

Baca juga: FLAVS Festival 2022 hadirkan perpaduan musik hip hop dan musik tradisi

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022