Meulaboh (ANTARA) - Sebanyak 66,5 persen sumber daya manusia (SDM) kesehatan di Kabupaten Aceh Barat hingga Jumat (29/7), tercatat sudah mendapatkan penyuntikan vaksin dosis ketiga (booster).

“Capaian vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan ini kita harapkan dapat tercapai 100 persen pada tahun ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah, Jumat.

Ia menjelaskan, persentase 66,5 persen tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga tersebut tercatat sebanyak 1.230 orang, dari total target tenaga kesehatan yang mendapatkan vaksin sebanyak 1.849 orang.

Sedangkan jumlah tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama, kata dia, saat ini sudah mencapai sebanyak 115,8 persen atau sebanyak 2.141 orang.

Sementara untuk jumlah capaian vaksinasi dosis kedua bagi tenaga kesehatan di Aceh Barat, yang sudah mendapatkan penyuntikan vaksin COVID-19, telah mencapai sebanyak 112,1 persen atau sebanyak 2.072 orang.

Syarifah Junaidah mengatakan, saat ini pihaknya terus berupaya melakukan penyuntikan vaksin dosis ketiga kepada SDM kesehatan di seluruh Kabupaten Aceh Barat.

Hal ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan imunitas tubuh bagi tenaga kesehatan, yang setiap hari berinteraksi dengan masyarakat dalam memberikan berbagai layanan kesehatan.

“Dengan meningkatnya capaian angka vaksinasi bagi SDM kesehatan di Aceh Barat, kita harapkan imunitas tenaga kesehatan semakin lebih baik di tengah situasi pandemi seperti saat ini,” kata Syarifah Junaidah.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022