Solo (ANTARA) - Babak kualifikasi cabang olahraga para panahan pada ASEAN Para Games (APG) 2022 sudah dimulai dengan diikuti oleh tujuh negara, yakni Indonesia, Myanmar, Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura, dan Filipina.

Asisten Competition Manager para panahan Ibnu Marwata di sela kegiatan di Lapangan Kota Barat Solo, Minggu, mengatakan pada lomba para panahan tersebut digelar babak Recurve Women Open dan Recurve Man Open.

"Selanjutnya siang nanti akan ada babak kualifikasi untuk Women's Compound Open dan Men's Compound Open. Kemudian akan berlanjut babak eliminasi tanggal 1 dan 2 (Agustus). Di tanggal 3, 4, dan 5 untuk final medalinya," katanya.

Baca juga: Dominasi Thailand tak surutkan semangat atlet panahan Indonesia di APG

Pada babak kualifikasi tersebut akan diperoleh peringkat untuk kemudian bisa maju ke babak selanjutnya. Ia mengatakan pada Recurve Open masing-masing atlet menembakkan sebanyak 76 anak panah dalam jarak 70 meter.

Sedangkan pada babak Compound Open masing-masing menembakkan sebanyak 72 anak panah dalam jarak 50 meter.

"Sejauh ini pemanah dari Thailand dan Indonesia bersaing ketat untuk rangking 1 dan 2. Besok akan ada kompetisi lanjutan, di mana rangking akan menentukan match atau sistem aduan, yakni sistem gugur," katanya.

Sesuai dengan perencanaan, pada babak selanjutnya akan diambil seperdelapan dari total atlet yang mengikuti.

"Akan ada 16 pemanah terbaik untuk maju ke babak berikutnya. Kalau putri karena jumlah peserta tidak sampai 16 nanti kami lihat keputusan dari tim offficial teknis. Bagaimana keputusannya untuk melanjutkan ke babak kualifikasi, kemungkinan diambilkan ke yang lebih rendah, seperti seperempat dari total peserta," katanya.

Baca juga: Atlet panahan mulai latihan resmi di arena APG 2022

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022