Jakarta (ANTARA) -- PEARLOIL (Sebuku) LTD./Mubadala Petroleum turut mensukseskan penyelenggaraan Forum Kapasitas Nasional (Forum Kapnas) II 2022 yang diprakarsai oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) yang puncak acaranya digelar selama dua hari, 27-28 Juli 2022 di Jakarta Convention Center (JCC). 

Supply Chain Management (SCM) Manager Mubadala Petroleum Indonesia Andreas Kuswardono mengatakan, partisipasi aktif ini menunjukkan kepedulian Mubadala Petroleum terhadap industri produk lokal, khususnya dalam proses pengadaan barang dan jasa dalam mendukung kegiatan operasi hulu Migas di Indonesia. 

“Harapannya ke depan, produk lokal menjadi support system bagi kegiatan industri hulu migas, khususnya di wilayah kerja kami di area Kalimantan - Sulawesi, serta ke depan juga di wilayah Andaman, Aceh,” kata Andreas. 

Pada acara ini, Mubadala Petroleum juga menghadirkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Hilir Muara (Himura), salah satu mitra dampingan program CSR Mubadala Petroleum di Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, yang memamerkan berbagai produk makanan olahan berbahan dasar laut dan berbagai kerajinan tangan dari sampah plastik yang dikumpulkan oleh Bank Sampah Cinta Lingkungan (BCL) Hilir Muara, Kotabaru, rintisan yang juga digagas Mubadala Petroleum. 

Forum Kapasitas Nasional II 2022 yang dihadiri lebih dari 6.500 pengunjung, diikuti oleh 28 operator migas (Kontraktor Kontrak Kerja Sama – KKKS), 28 perusahaan penyedia barang dan jasa, serta 45 UMKM terpilih dari ribuan UMKM dampingan KKKS di seluruh Indonesia. 

Forum ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mewujudkan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN), penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), yang telah melampaui target yang dicanangkan awalnya sebesar 57 persen pada tahun 2022. 

Berdasarkan data, SKK Migas juga mencatat bahwa industri hulu migas telah banyak memberi manfaat terhadap perkembangan UMKM. Keterlibatan UMKM dalam keseluruhan nilai Total Kontrak Industri Migas mencapai Rp17,3 triliun, atau sebesar 9,9 persen, dengan TKDN 100 persen. 

Sebelumnya, sejak akhir Mei hingga awal Juli 2022, SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) telah mengadakan serangkaian kegiatan penunjang Pra Forum Kapnas 2022 di lima wilayah operasional yaitu Jabanusa (Surabaya, 17-19 Mei 2022), Sumbagut (Batam, 6-9 Juni 2022), Pamalu (Sorong, 13 Juni 2022), Kalsul (Balikpapan, 20-23 Juni 2022), dan Sumbagsel (Palembang, 5-7 Juli 2022). 

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara pemangku kepentingan dan pengusaha, penyedia barang dan jasa, serta pendampingan industri di sektor hulu migas, dengan harapan dapat menciptakan multiplier effect bagi perekonomian skala nasional, khususnya para pelaku usaha di setiap wilayah operasi. 

External Relation & Communications Manager Mubadala Petroleum Indonesia, Arie Nauvel Iskandar menambahkan bahwa Mubadala Petroleum tidak hanya menginisiasi program CSR yang dilakukan, namun juga terus memberikan pendampingan dalam pengembangan dan penguatan kapasitas UMKM di sekitar wilayah operasi. 

“UMKM Himura adalah salah satu contoh bahwa Industri Hulu Migas berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM untuk berkembang lebih maju dan mandiri serta dapat menjadi contoh bagi UMKM lainnya”, ujarnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022