Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Tokyo ditutup lebih tinggi pada perdagangan Senin, karena sentimen didukung oleh sejumlah laporan laba perusahaan AS dan domestik yang kuat, meskipun kenaikan yen membatasi keuntungan.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) bertambah 191,71 poin atau 0,69 persen, menjadi menetap di 7.993,35 poin. Sementara itu Indeks Topix yang lebih luas menguat 19,80 poin atau 1,02 persen, menjadi berakhir di 1.960,11 poin.

Para pialang lokal mengatakan bahwa penguatan Wall Street akhir pekan lalu mendorong pembelian menyusul sejumlah perusahaan utama AS melaporkan laba mereka yang mengalahkan ekspektasi pasar.

Ini termasuk raksasa e-commerce Amazon.com Inc dan Apple Inc, mereka juga menyoroti beberapa perolehan laba yang kuat dari perusahaan domestik termasuk perusahaan pelayaran Mitsui O.S.K. Lines Ltd. dan perusahaan makanan dan bioteknologi Ajinomoto Co.

Pembelian didorong oleh investor domestik, ahli strategi di Tokyo mengatakan, karena investor internasional menunggu isyarat lebih lanjut tentang kesehatan ekonomi AS setelah dua kuartal tumbuh negatif, resesi teknis menurut definisi.

"Investor jangka menengah dan panjang berada di luar pasar, dengan investor domestik melakukan sebagian besar pembelian pada Senin," kata Analis Ekuitas Senior Mizuho Securities, Yutaka Miura.

Baca juga: Saham Tokyo ditutup lebih rendah, tertekan data PDB AS yang negatif

Mereka yang berada di luar pasar menunggu data minggu ini untuk menilai lebih lanjut keadaan ekonomi AS, termasuk data manufaktur utama bersama dengan data ketenagakerjaan.

Kenaikan yen terhadap dolar AS membatasi kenaikan karena penguatan yen berdampak pada keuntungan luar negeri eksportir Jepang ketika mereka dipulangkan, kata ahli strategi pasar.

"Kenaikan yen terhadap dolar AS menekan pasar di tengah kekhawatiran bahwa hal itu dapat mengikis keuntungan eksportir," Kepala Strategi Pasar Sumitomo Mitsui DS Asset Management Co, Masahiro Ichikawa, mengatakan.

Pada penutupan perdagangan, saham-saham transportasi laut, perdagangan grosir dan produk karet merupakan yang paling banyak meraih untung, dengan jumlah saham naik melampaui yang turun 1.486 berbanding 312 di papan utama, sementara 40 mengakhiri hari tidak berubah.

Mitsui OSK Lines melonjak 3,9 persen, setelah mengumumkan laba bersih kuartalan lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Demikian pula, produsen obat Sumitomo Pharma Co Ltd melonjak 8,0 persen karena laba yang kuat, sementara Ajinomoto melonjak 6,4 persen karena laba yang lebih baik dari perkiraan.

Baca juga: Saham China ditutup bangkit menguat, Indeks Shanghai naik 0,21 persen
Baca juga: IHSG Senin pagi dibuka menguat 21,4 poin

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022