Jakarta (ANTARA) -
PT Jakarta Propertindo (Perseroda) memperkuat struktur pagar pembatas penonton di Jakarta International Stadium (JIS) dan kejadian robohnya salah satu bagian pagar stadion tersebut sebagai pelajaran.

Ditemui setelah rapat dengan Komisi B DPRD DKI Jakarta di Jakarta, Selasa, Direktur Proyek JIS, Iwan Takwin sangat menyayangkan 
robohnya salah satu bagian pagar pembatas penonton stadion  itu saat peresmian pada 24 Juli 2022. Peresmian dimeriahkan laga perdana antara Pesija melawan Chonburi FC (Thailand)

Dia menyebutkan, robohnya pagar pembatas penonton di JIS karena pendukung Persija atau Jakmania yang melebihi kapasitas.

Kemudian terpantau bahwa beberapa penonton banyak yang menaiki "horizontal barrier" untuk memasang spanduk. Bahkan duduk di area itu yang sejatinya memiliki fungsi sebagai penghalang agar penonton tidak masuk ke area lapangan.

"Ya jadi itu salah satu penyebabnya karena 'over capacity'. Kemudian 'horizontal barrier' itu bukan peruntukannya seperti kemarin itu," katanya.

Dia mengatakan, kejadian itu sebagai pembelajaran. "Bahwa kita semua dan kami juga harus mengantisipasi itu. Karenanya kami putuskan akan melakukan penguatan struktur," kata Iwan.

Baca juga: Jakpro sampaikan kronologi robohnya pagar pembatas JIS
Baca juga: Pagar tribun JIS roboh diduga karena semangat Jakmania


Ketua Fraksi PKB-PPP DPRD DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas dalam rapat tersebut berpandangan bahwa Komisi B DPRD DKI Jakarta harus mengusulkan pembentukan panitia khusus (pansus) untuk mendalami insiden pagar pembatas penonton JIS tersebut.
 
"Saya setuju dengan Pak Anul (Ichwanul Muslimin) untuk diadakan pansus dan juga bukan hanya pansus, harus ada audit dengan tujuan tertentu, audit independen karena ini soal nyawa," kata Hasbiallah.
 
Hasbiallah mengharapkan stadion yang dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui PT Jakarta Propertindo (Jakpro) tersebut bisa benar-benar memenuhi standar Federasi Sepakbola Dunia (Federation Internationale de Football Association/FIFA).
Baca juga: Tim Liga Thailand Chonburi FC puji JIS
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022