membangun sekolah yang sehat dan mewujudkan cita-cita merdeka belajar
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa satuan pendidikan sekolah dasar memainkan peran yang sangat penting untuk menanamkan perilaku hidup sehat sejak usia dini.

Hal tersebut ia sampaikan melalui video sambutan webinar “Gerakan Nusantara (Gernus) 2022” yang diadakan oleh Frisian Flag Indonesia pada Kamis.

“Saya selalu percaya bahwa syarat pertama sama anak-anak untuk bisa belajar dengan merdeka dan optimal adalah jika gizinya terpenuhi dengan baik,” ujar Nadiem dalam webinar yang diikuti dari Jakarta, Kamis.

Baca juga: Cara Maudy Koesnaedi biasakan anak makan sayur dan buah

Baca juga: Dokter: Puasa bantu anak belajar disiplin dan hidup sehat


Lebih lanjut, ia mengatakan kampanye literasi gizi merupakan hal yang sangat penting dilakukan khususnya di tengah upaya Indonesia saat ini untuk pulih dari situasi pandemi COVID-19.

Literasi gizi juga menjadi penting mengingat anak-anak sudah mulai kembali belajar di sekolah sehingga peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang dan gaya hidup aktif harus digerakkan secara optimal dan berkelanjutan.

Nadiem menjelaskan bahwa saat ini di sekolah-sekolah sudah terdapat unit kesehatan sekolah (UKS) yang bertugas melakukan pembinaan untuk mengembangkan kebiasaan hidup bersih dan sehat. UKS ini dijalankan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah.

“Selain itu, kami di Kemendikbudristek juga akan meluncurkan program ‘Sekolah Sehat’ yang mengedepankan kolaborasi lintas sektor dalam penyediaan makanan sehat di sekolah dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan olahraga secara rutin bagi pelajar,” katanya.

Ia pun turut mengapresiasi kepada pihak swasta yang secara konsisten menginisiasi dan menjalankan program Gerakan Nusantara, sebuah program yang mengedepankan edukasi gizi bagi para guru dan pelajar di seluruh Indonesia.

Melalui inisiatif pihak swasta tersebut, Nadiem berharap pelaksanaan program dapat mewujudkan satuan pendidikan yang sehat, aman, dan nyaman untuk semua warga sekolah, khususnya bagi peserta didik.

“Saya berharap semua di sini mulai dari pemerintah, swasta, pendidikan, sampai orang tua dapat semakin menguatkan kolaborasi untuk membangun sekolah yang sehat dan mewujudkan cita-cita merdeka belajar,” kata Nadiem.

Baca juga: Herbalife rayakan Hari Anak Nasional, terapkan gaya hidup sehat

Baca juga: Ahli ingatkan pentingnya aktivitas fisik bagi anak-anak

Baca juga: Pengenalan pola hidup sehat pada anak perlu contoh dari orang tua


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022