Manokwari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manokwari menghadirkan layanan pengobatan mata, jantung dan Tenggorokan Hidung Telinga (THT) di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum setempat

Direktur BLUD RSU Manokwari dr Alwan Rimosan di Manokwari, Minggu, mengatakan layanan tersebut dibuka setelah dokter penerima beasiswa pengambilan spesialis menyelesaikan pendidikannya.

"Dua orang penerima program beasiswa Pemkab Manokwari untuk spesialis mata dan THT baru menyelesaikan pendidikannya, sekarang sudah mulai melakukan skrining kepada pasien di RSU," katanya.

Baca juga: Tangani COVID-19, satu dokter spesialis paru segera tiba di Manokwari

Layanan THT, mata dan jantung yang dibuka oleh BLUD RSU Manokwari merupakan yang pertama di wilayah tersebut.

Sebelumnya, masyarakat Manokwari yang ingin mendapatkan layanan kesehatan mata, THT, dan jantung harus ke RS terdekat di Kota Sorong.

"Masyarakat Manokwari kalau berobat mata dan THT selama ini harus ke Sorong, karena yang paling dekat. Kita bersyukur, karena usaha beberapa tahun lalu dengan memberi beasiswa membuahkan hasil," kata Rimosan.

Meski telah memiliki dokter ahli, kata Rimosan, layanan kesehatan masih terbatas, karena kurangnya peralatan penunjang. "Untuk pelayanan dasar layanan kita sudah punya, kalau peralatan lainnya, seperti Oftalmoskop, alat pemeriksaan Eshophagus dan Laparaskopi kita belum punya," ujar dia.

Baca juga: RSU sebut peluang sembuh 36 TNI positif COVID-19 di Manokwari tinggi

Baca juga: RSU : Pemeriksaan sampel COVID-19 BKO TNI Manokwari tuntas


Untuk memaksimalkan pelayanan, BLUD RSU Manokwari mengajukan permohonan pengadaan peralatan kesehatan melalui dana alokasi khusus dan APBD Kabupaten Manokwari.

Tiga dokter spesialis yang dimiliki BLUD RSU Manokwari, yakni dr Asmawarti Spesialis THT, dr Anugrah Spesialis Mata  dan dr Erlina Saragih Spesialis Jantung dan pembuluh darah.

Pewarta: Tri Adi Santoso
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022