Bandung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melibatkan Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri dalam pelaksanaan program penanaman bibit mangrove di sepanjang pantai utara Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil berharap komunitas pencinta alam yang memiliki ribuan anggota itu mendukung upaya pemulihan dan perbaikan lingkungan.

"Kita menitipkan kepada Wanadri program menanam bakau di sepanjang pantai utara agar kemanusiaan bisa diselamatkan dan lingkungan bisa dikembalikan," katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah provinsi di Bandung, Senin.

Dia mengemukakan bahwa kolaborasi dengan Wanadri terbukti efektif dalam kegiatan penanaman 50 juta bibit pohon di lahan kritis Jawa Barat.

"Program menanam 50 juta bibit pohon di lahan kritis sudah selesai dibantu oleh Wanadri, sekarang Wanadri juga harus yang terdepan untuk mengembalikan kondisi lingkungan di sepanjang pantai utara," katanya saat membuka Pendidikan Dasar Wanadri 2022 di halaman depan Gedung Sate.

Ia menjelaskan bahwa kenaikan permukaan air laut akibat pemanasan global telah menenggelamkan sekitar 700 hektare lahan di kawasan pantai utara Jawa Barat.

Penanaman mangrove diharapkan bisa melindungi kawasan pantai dari abrasi dan dampak kenaikan permukaan air laut.

"Di utara Jabar, sekitar 700 hektar lahan hilang menjadi lautan karena kenaikan permukaan air laut oleh pemanasan global, maka cara yang efektif adalah menanam mangrove dan mengubah perilaku," demikian Gubernur Jawa Barat.

Baca juga: 
90 persen hutan mangrove di pantai utara Jawa Barat rusak
Gubernur Jawa Barat ajak warga ikut gerakan menanam mangrove

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022