Dalam Agustus ini kita gencar menggelar program BIAN
Jakarta (ANTARA) - Puskesmas Kelurahan Cilangkap menggelar kegiatan bulan imunisasi anak nasional (BIAN) di Posyandu Melati 4, Cipayung, Jakarta Timur, pada Senin.

Tenaga Promosi Kesehatan Puskesmas Kelurahan Cilangkap, Tripuli Putri di Jakarta, Senin, mengatakan, pihaknya memberikan layanan imunisasi dan vitamin A kepada 120 balita di wilayah tersebut.

"Dalam Agustus ini kita gencar menggelar program BIAN dengan mendatangi posyandu yang ada di lingkungan," kata Putri. 

Putri menambahkan, kegiatan BIAN itu digelar secara bertahap di setiap posyandu yang ada di enam RW di Kelurahan Cilangkap.

Dia mengatakan dalam kegiatan tersebut setiap balita diperiksa kesehatannya terlebih dahulu oleh petugas puskesmas.

Baca juga: 715.782 anak di DKI terima imunisasi selama Agustus

Jika kondisinya aman para balita itu diberikan imunisasi dan diberikan vitamin A biru atau merah. Kemudian dilakukan input data oleh petugas.

"Ini dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat, generasi cerdas, bergizi dan berkualitas," ujar Putri.

Putri mengatakan pihaknya mengerahkan sebanyak delapan tenaga kesehatan untuk mendukung kegiatan tersebut.

Mereka juga dibantu dari kader PKK, dasawisma dan pengelola RPTRA untuk input data, menimbang dan mengukur tinggi badan balita.

Sementara itu, Ketua Kelompok PKK RW 02 Cilangkap, Wiharti mengatakan, pihaknya mengapresiasi Puskesmas Kelurahan Cilangkap yang turun langsung menggalakkan program BIAN.

Baca juga: KPAI dorong Jakarta miliki Registrasi Imunisasi Regional

"Setelah diimunisasi dan diberikan vitamin A, balita kita berikan bantuan makan tambahan berupa, bubur kacang hijau, telur puyuh dan telur ayam," kata Wiharti.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022