Setidaknya, ada tiga hal yang harus kita pahami untuk menjadi ASN profesional.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto memaparkan tiga hal yang harus dipahami oleh setiap aparatur sipil negara (ASN) untuk menjadi sosok yang profesional agar mampu menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas bagi segenap masyarakat Indonesia.

“Setidaknya, ada tiga hal yang harus kita pahami untuk menjadi ASN profesional, yaitu pertama adalah kemampuan untuk memimpin atau mengatur diri sendiri, yaitu lead yourself. Kedua, lead your organization, dan yang terakhir lead your programs,” kata Agus saat menjadi narasumber dalam webinar bertajuk “Peran ASN sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa dalam Memperkuat Stabilitas Polhukhankam dan Transformasi Pelayanan Publik”, sebagaimana dipantau di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, dia menjelaskan ASN harus mampu memimpin dan mengatur dirinya sendiri dengan menjadi sosok yang disiplin, bersemangat, bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja tuntas, serta berkomitmen untuk melayani publik.

Kemudian, terkait dengan langkah lead your organization, Agus menjelaskan langkah tersebut berarti seluruh ASN yang profesional di Tanah Air harus mampu membangun interaksi dan komunikasi dengan kolega secara demokratis dan egaliter atau adil.

"Ketika kita berbicara mengenai pelayanan publik, komunikasi dan interaksi memang harus demokratis dan egaliter, tidak lagi kita merasa sebagai pimpinan atau penguasa harus otoriter. Sebaliknya, kita harus membangun lingkungan yang demokratis dan egaliter, baik ke atas, ke bawah, ke samping," ujar Agus.

Di samping itu, ujar dia, untuk menjadi ASN yang profesional, mereka juga harus mampu mengelola organisasi secara visioner.

Yang terakhir, Agus menjelaskan lead your programs berarti ASN yang profesional harus mengetahui cara merencanakan program, mengelola sumber daya secara efisien, serta mengeksekusi program secara efektif.

“Ini hal-hal yang kelihatan sederhana, tetapi untuk mencapai itu memang perlu kerja birokrasi yang luar biasa, direncanakan, dilatih, dan sebagainya,” ujar dia lagi.
Baca juga: Presiden tegaskan ASN sudah lama berada pada zona nyaman
Baca juga: Menpan RB: ASN harus profesional dan tegak lurus pada pemerintah

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022