Jakarta (ANTARA) - Salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) meraih penghargaan Bintang 4 CSR & TJSL (tanggung jawab sosial dan lingkungan) Award 2022 di bidang Lingkungan pada ajang TJSL & CSR Award 2022

JIEP meraih penghargaan yang diselenggarakan oleh BUMN Track bekerja sama dengan Indonesia Shared Value Institute (ISVI) tersebut karena secara berkelanjutan melakukan penghijauan di dalam Kawasan Industri Pulogadung.

Plt Corporate Secretary PT JIEP Medik Endrawahyudi menjelaskan penghargaan itu didasarkan pada penilaian PT JIEP yang berhasil melaksanakan program-program TJSL & CSR terbaik di bidang lingkungan sepanjang tahun 2021-2022.

"Apresiasi dan penghargaan ini merupakan bentuk nyata atas komitmen seluruh Insan JIEP serta dukungan dari Manajemen PT JIEP dalam pelestarian lingkungan di Kawasan Industri Pulogadung melalui program JIEP Green Industrial Estate," kata Medik dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Jumat.

Sebagai perusahaan pengelola dan pengembang Kawasan Industri Pulogadung yang sahamnya sebesar 50 persen dimiliki oleh Kementerian BUMN melalui PT Danareksa (Persero) dan 50 persen oleh Pemprov DKI Jakarta, PT JIEP berkewajiban memiliki program Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan.

Hal itu berdasarkan pada Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Nomor PER-05/MBU/04/2021 tentang Program Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.

Melalui program unggulan JIEP Green Industrial Estate, PT JIEP terus berkomitmen untuk mengedepankan program-program TJSL yang dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan serta terus menggerakkan seluruh aspek masyarakat agar ikut dalam melestarikan lingkungan di sekitar Kawasan Industri Pulogadung maupun pada cakupan yang lebih luas.

Sebagai informasi, JIEP Green Industrial Estate merupakan salah satu dari sekian banyak program unggulan JIEP yang berfokus pada pelestarian lingkungan khususnya dalam penanganan perubahan iklim serta ekosistem daratan sebagaimana tertuang dalam SDG's nomor 13 dan 15.

Dalam program JIEP Green Industrial Estate, korporasi secara berkelanjutan melakukan kegiatan penanaman serta penghijauan di dalam Kawasan Industri Pulogadung.

Adapun dalam proses penghijauan tersebut, pupuk yang digunakan berasal dari sampah daur ulang dari sekitar Kawasan Industri Pulogadung yang diolah di fasilitas TPS3R (Tempat Pembuangan Sampah Reuse, Reduce, Recycle) milik PT JIEP.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022