Jakarta (ANTARA) - Jakarnaval kembali digelar sebagai rangkaian HUT Ke-495 Jakarta dan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menghadirkan kekayaan intelektual nusantara berupa cerita rakyat populer.

Pada Jakarnaval yang digelar pada Minggu ini di Jakarta International E-Prix Circuit, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata di Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng sejumlah komunitas untuk menampilkan karya terbaiknya.

Mereka antara lain dari pembuat mobil hias, Intellectual Property (IP) performer, drama musikal, marching band, pertunjukan tari, penampilan ondel-ondel, atraksi sepatu roda serta penampilan gambang kromong.

Andhika menyebutkan, kegiatan ini juga sebagai simbol dari kebangkitan industri pariwisata DKI Jakarta usai pandemi dengan menghadirkan kekayaan intelektual nusantara untuk dunia.

Baca juga: 50 penari dan 300 personel drumben ramaikan Jakarnaval 2022
Baca juga: Sirkuit Formula E jadi arena Jakarnaval 2022


Dalam Jakarnaval ini, peserta parade terbagi dalam lima klaster, yaitu:
1. Jawara Epic Adventure. Tiga Jagoan legendaris Betawi: Pitung, Jampang dan Sabeni, disatukan dalam sebuah semesta yang akan berpetualang bersama.

2. Guardians Of Nusantara. Mengangkat cerita Kerajaan Majapahit dengan sentuhan fantasi, pengunjung diingatkan oleh semangat Patih Gajah Mada dalam Sumpah Palapa untuk menyatukan Nusantara.

3. Gundala-Jakarta adalah kota multietnis yang sangat beragam, tantangan besarnya adalah bagaimana tetap menjaga persatuan di tengah perbedaan yang ada.

4. Chronicles Of Destiny. Penggabungan dari tiga cerita rakyat Indonesia, yaitu Keong Mas, Timun Emas dan Bawang Merah Bawang Putih diimajinasikan dengan gaya klasik dan mengingatkan pesan untuk selalu percaya di mana ada kesulitan pasti akan ada keindahan di akhir.

5. The Inferno Heart. Ramayana adalah kisah yang tidak pernah lekang diceritakan di tanah air, kisah ini diceritakan kembali dengan tema "steam-punk" yang sangat sarat dengan inovasi.

Selain menyaksikan karnaval dengan parade mobil hias yang mengangkat cerita lokal Indonesia, masyarakat yang hadir bisa menikmati acara hiburan di panggung utama yang akan dimeriahkan oleh Armada Band, Lyodra dan Juicy Luicy.

Jakarnaval telah digelar sejak 1999 dan merupakan sebuah parade karnaval tahunan terbesar di Jakarta yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jakarnaval 
kali ini diselenggarakan setelah dua tahun vakum akibat pandemi COVID-19.
Baca juga: Jakarnaval 2019, parade perpaduan budaya di jalanan Ibu Kota
Baca juga: Warga asing kepincut Jakarnaval 2019

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022