Kami menampilkan sesuatu yang megah sebagai pembukaan
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 50 penari dan 300 personel drumben meramaikan  kirab budaya terbesar di Indonesia Jakarnaval  2022 di sirkuit Formula E (Jakarta International E-Prix Circuit/JIEC) Ancol pada Minggu (14/8).

Perwakilan tim Teater Musikal Nusantara di Jakarnaval 2022 Venytha Yoshiantini dalam konferensi pers Jakarnaval 2022 di JIEC Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis, mengatakan penampilan 50 penari diharap dapat memegahkan Jakarnaval sekaligus membuktikan teater musikal lokal bertajuk 'Inilah Jakarta' bisa memenuhi standar Jakarta sebagai Kota Global.

"Kami menampilkan sesuatu yang megah sebagai pembukaan, dengan kostum yang meriah dan properti panggung yang lucu tapi dengan model kekinian," kata Venytha.

Tema cerita yang diangkat oleh Teater Musikal Nusantara di Jakarnaval 2022 nanti berhubungan dengan sarana rekreasi yang ada di Jakarta, yang dinilai tak kalah dari kota-kota besar lain di Indonesia.

"Jadi kami bisa menunjukkan 'apa sih yang Jakarta miliki'. Di Jakarta ada banyak sekali yang bisa kita lakukan, banyak tempat-tempat yang bisa kita kunjungi, semua ada di Jakarta. Dan judulnya adalah 'Inilah Jakarta'," kata Veny.

Untuk mempersiapkan penampilan mereka, Teater Musikal Nusantara berkolaborasi dengan Batavia Dance Studio yang menurut Venytha, sudah diakui kemampuannya oleh Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

"Sebuah studio yang sudah diakui kemampuannya oleh Dinas Kebudayaan. Dari sejak sebelum saya lahir malah mereka sudah berkarya," kata Venytha.

Venytha ingin teater musikal di Jakarnaval 2022 menampilkan penari-penari berusia muda  tidak hanya menyatukan musik dan lirik dengan drama, tapi turut menarik jiwa-jiwa muda ke dalam industri teater musikal Tanah Air.

Sehingga semua warga, dari beragam suku bangsa, usia, dan kota, bisa menjiwai teater musikal baik secara rasa maupun pikiran terbuka.

Lebih lanjut, Wakil Sekretaris Umum Persatuan Drum Band Indonesia Yearline Malano mengatakan 300 personel drumben merupakan anggota dari Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) DKI Jakarta yang diambil dari lima wilayah.

Yearline mengatakan PDBI adalah organisasi di bawah naungan Pengurus Provinsi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta.

"PDBI sendiri adalah salah satu cabang olah raga di bawah naungan KONI, dan kami bersyukur diberikan kesempatan untuk meramaikan Jakarnaval. Maka kami tidak tanggung-tanggung, kami turun dengan kurang lebih hampir 300 personel kali ini," tutup Yearline.
Baca juga: Sambut Hari Kemerdekaan, mural ketahanan pangan hiasi flyover Klender
Baca juga: Pekerja seni bangkit dari pandemi melalui Jakarta Melayu Festival
Baca juga: 103 warga Kampung Akuarium rayakan kemerdekaan di tempat tinggal baru

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022