Kekuatan pulih inilah yang menjadi semangat untuk bangkit
Palembang (ANTARA) - Wali Kota Palembang, Sumatera Selatan Harnojoyo membentangkan Bendera Merah Putih raksasa menyemarakkan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI yang ke-77 tahun yang dijadikan sebagai simbol kebangkitan.

Pembentangan bendera berukuran 3.000 meter persegi tersebut dilakukan Harnojoyo dan Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda beserta jajaran Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para pelajar kota ini, di pelataran Benteng Kuto Besak Palembang, pada Rabu.

"Bendera raksasa yang telah mewarnai kemeriahan hari kemerdekaan RI ke-77 ini hasil karya anak-anak dari Ikatan Alumni Kepemimpinan Siswa (IKA-LKS) Kota Palembang tahun 2014," kata Harnojoyo.

Menurut dia, pembentangan bendera Merah Putih raksasa itu bertujuan menggelorakan semangat kegotongroyongan antara Pemerintah dan warga Kota Palembang untuk bangkit kembali setelah selama lebih kurang dua tahun terdampak pandemi COVID-19.

Baca juga: Pemuda Palembang jahit bendera raksasa

Baca juga: Ratusan warga Ubud Bali ikuti parade seni peringati HUT RI


Hal tersebut, lanjutnya, sebagaimana menafsirkan tema HUT kemerdekaan yang diusung Presiden Joko Widodo tahun ini "Pulih lebih cepat, Bangkit Lebih Kuat”, baik pulih secara kesehatan, dan pulih secara ekonomi.

"Kekuatan pulih inilah yang menjadi semangat untuk bangkit lebih kuat menatap masa depan yang lebih cerah dengan kerja nyata," kata dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda menambahkan, dengan merayakan hari kemerdekaan memberi makna kepada seluruh masyarakat untuk dapat memelihara rasa optimistis menjadi lebih baik di tengah hiruk pikuk ketidakpastian globat saat ini.

Ia menyebutkan, modal untuk menjadi lebih baik tersebut pijakannya ialah Ideologi Pancasila yang telah bekerja dengan konkrit memandu bangsa Indonesia menciptakan gerakan gotong royong, dalam kondisi apapun.

"Dan gerakan itu terjadi hampir di seluruh daerah tanpa terkecuali kota Palembang yang tengah berjuang bangkit dari dampak minor COVID-19," ujarnya.

Kebangkitan itu di antaranya, lanjutnya, secara ekonomi yakni tercatat realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Palembang hingga pertengahan Juni 2022 telah mencapai Rp403 miliar atau 37,6 persen dari target yang ditetapkan Rp1,070 triliun.

"Dalam momentum ini (HUT Kemerdekaan) kita harus tetap menjaga rasa optimistis demi menyongsong masa depan yang lebih baik, mari bersama-sama kita sukseskan setiap program pembangunan yang ada di Kota Palembang," katanya.

Baca juga: Relawan Lampung kibarkan Merah Putih di Tebing Spagoh peringati HUT RI

Baca juga: Kelompok drumben tunanetra ikut meriahkan peringatan HUT RI

 

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022