Terus memberikan sumbangsih capaian terbaik pembangunan lingkungan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mendorong semua pihak untuk berkolaborasi membantu percepatan pemulihan Indonesia dalam momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Menurut keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, Menteri LHK Siti menjelaskan bahwa peringatan kemerdekaan tahun ini mengusung tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat."

"Kita harus bahu membahu untuk mempercepat pemulihan kondisi Indonesia di semua sektor, sekaligus bangkit guna menghadapi berbagai tantangan yang cukup kompleks. Banyak makna dan harapan yang tersimpan dalam tema ini, yang dapat kita jadikan pendorong semangat baru untuk terus tumbuh dan maju," kata Menteri LHK Siti.

Memimpin jalannya Upacara HUT ke-77 RI di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Jawa Barat, Rabu, Siti mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo terus mendorong para menteri, aparat, birokrat serta berbagai unit kerja untuk bekerja bersama masyarakat.

Baca juga: Menteri LHK: Negara G20 dapat menjadi katalis pemulihan lingkungan

Baca juga: Wamen LHK: Perlu 5 aspek pemulihan lingkungan pascabanjir Kalsel


Dia mengatakan bahwa KLHK juga terus bekerja dan mendorong kolaborasi berbagai pemangku kepentingan untuk mencapai pemulihan lingkungan.

Beberapa upaya tersebut seperti dalam mengendalikan pembalakan liar, pengendalian pencemaran lingkungan, penataan kawasan hutan dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Menurut dia, sudah terdapat beberapa instrumen regulasi yang cukup lengkap untuk menopang rencana operasional dari berbagai langkah untuk mencapai pemulihan lingkungan tersebut.

"Mari kita terus kerja keras dan konsisten, serta terus memberikan sumbangsih capaian terbaik pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan khususnya, bagi negeri tercinta. Dirgahayu ke-77 Republik Indonesia tercinta," ujar Siti.

Dalam upacara itu, selain jajaran KLHK dan Balai TN Gunung Ciremai hadir pula elemen masyarakat di sekitar kawasan tersebut.

Usai upacara, agenda dilanjutkan dengan temu wicara Menteri LHK Siti Nurbaya dengan masyarakat binaan TN Gunung Ciremai seperti kelompok tani hutan dan Masyarakat Peduli Api.

Baca juga: Menteri LHK: Pendidikan lingkungan menyatu di sekolah dan masyarakat

Baca juga: BKPM sebut peta investasi RI konsisten dengan isu lingkungan di G20

 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022