dengan inovasi dan kreativitas agar pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat
Palembang (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Iskandar mengajak masyarakat untuk bersatu dalam mewujudkan agenda besar Indonesia Maju Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dengan cara memacu pertumbuhan dari daerah.

“Dalam momentum HUT ke-77 RI ini kami mengajak masyarakat OKI untuk mendukung agenda besar pencapaian Indonesia Maju, dengan komitmen dan kerja keras dan dengan inovasi dan kreativitas agar pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” kata Iskandar usai peringatan HUT ke 77 RI tingkat Kabupaten OKI di Kayuagung, Rabu.

Indonesia memiliki lima agenda besar untuk mencapai cita-cita bangsa, yakni hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam, optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau.

Kemudian, perlindungan hukum, sosial, politik dan ekonomi serta pemberantasan korupsi, mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk segera naik kelas melalui digitalisasi ekonomi dan keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Lima agenda besar Indonesia Maju ini bertujuan mewujudkan cita-cita Indonesia maju dan membangun Indonesia yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Baca juga: Presidensi G20 bukti Indonesia pulih lebih cepat
Baca juga: Airlangga sebut proklamasi kemerdekaan ajarkan kolaborasi

Menurutnya, semangat dalam merayakan HUT RI ini merupakan momentum untuk bangkit mengejar perlambatan akibat pandemi COVID-19.

Namun pandemi juga membuktikan bahwa Indonesia merupakan negara hebat yang mampu bertahan dengan kekuatan sumber daya manusia dan alamnya.

“Kami bersyukur meski krisis multi dimensi menghantam dunia, ada krisis energi dan krisis pangan. Kita mampu bertahan,” kata dia.

Kabupaten Ogan Komering Ilir mampu bertahan karena ditopang oleh sektor pertanian.

Baca juga: Persib peringati HUT ke-77 Kemerdekaan RI di dalam kereta api
Baca juga: Wagub DKI: Penting refleksi kemerdekaan bagi siswa

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-77 tingkat Kabupaten OKI dilaksanakan di halaman kantor Pemkab OKI.

Upacara diawali oleh pengibaran bendera pusaka oleh 34 orang Paskibraka Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan penuh khidmat.

Pasukan Pengibaran pada pagi hari menamakan diri sebagai Pasukan Bala Gaja Mahendera Baijaya yang artinya semangat pasukan perkasa.

Acara dilanjutkan penyampaian tali asih bagi belasan veteran dan penggiat nasionalisme di OKI, ziarah taman makam pahlawan serta pemberian remisi di Lembaga Permasyarakatan Kayuagung.

Baca juga: Puluhan penyelam kibarkan Merah Putih di Pulau Gili Labak saat HUT RI

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022