Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan optimistis geliat ekonomi nasional makin positif yang ditandai dengan surplus neraca perdagangan Indonesia yang kembali terjadi pada Juli 2022 dengan nilai sebesar 4,23 miliar dolar AS dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) didorong terlibat ekonomi digital menjadi pemberitaan ekonomi kemarin. Simak berita menarik lainnya.

 

Mendag optimistis geliat ekonomi nasional makin positif

 

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan optimistis geliat ekonomi nasional makin positif yang ditandai dengan surplus neraca perdagangan Indonesia yang kembali terjadi pada Juli 2022 dengan nilai sebesar 4,23 miliar dolar AS.

 

“Surplus perdagangan bulan Juli 2022 sebesar 4,23 miliar dolar AS ini disumbang oleh surplus perdagangan nonmigas sebesar 7,31 miliar dolar AS, sedangkan neraca perdagangan migas defisit 3,08 miliar dolar AS. Surplus perdagangan di bulan Juli 2022 melanjutkan tren surplus yang dialami sejak Mei 2020 atau tepatnya selama 26 bulan terakhir,” ungkap Mendag lewat keterangannya di Jakarta, Rabu.

 

Pos Indonesia dukung hilirisasi nikel melalui layanan logistik andal

 

PT Pos Indonesia (Persero) mendukung hilirisasi komoditas nikel dengan menghadirkan pelayanan logistik yang andal berupa pengangkutan nikel dari tambang hingga ke fasilitas pengolahan dan pemurnian atau smelter.

 

"Kami masuk ke jasa logistik nikel sebagai bentuk dukungan terhadap program hilirisasi tambang mengikuti program prioritas pemerintah," kata Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Siti Choiriana dalam pernyataan yang dikutip di Jakarta, Rabu.

 

Menhub: HUT RI momentum percepat pemulihan sektor transportasi

 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak seluruh insan perhubungan menjadikan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia sebagai momentum sektor transportasi untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

 

“Mari kita gunakan tema besar HUT RI tahun ini, dengan rasa optimisme untuk bersinergi dan berkolaborasi, dalam upaya pemulihan sektor transportasi lebih cepat dan bangkit lebih kuat, untuk kemajuan Indonesia,” kata Menhub saat memimpin upacara peringatan HUT RI Ke-77 di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu.

 

Menparekraf ajak Brunei kerja sama tingkatkan kapasitas SDM pariwisata

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjajaki kerja sama peningkatan kapasitas serta kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai upaya menciptakan SDM berstandar profesional di bidang pariwisata dengan Brunei Darussalam.

 

Hal tersebut disampaikan ketika ia menerima audiensi Menteri Luar Negeri II Brunei Darussalam Dato Seri Setia Haji Erywan sebagaimana tertera dalam keterangan resmi, Jakarta, Rabu.

 

Kemkominfo dorong pelaku UMKM disabilitas terlibat di ekonomi digital

 

Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong para penyandang disabilitas yang menjadi pelaku UMKM agar berperan dan terlibat secara aktif mendukung ekonomi digital di Tanah Air.

 

"Konsep besar Kominfo dalam transformasi digital adalah nobody left behind. Artinya semua masyarakat Indonesia diajak bertransformasi digital. Pilar transformasi digital adalah pemerintah, dunia usaha dan masyarakat umum, termasuk di dalamnya penyandang disabilitas," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Usman Kansong dalam keterangan di Jakarta, Selasa.
 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022