Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan kunjungan ke Pasar Tomang Barat, Jakarta, untuk memantau penerapan digitalisasi pasar rakyat melalui lokapasar (marketplace) Grab Mart dan upaya Kementerian Perhubungan menstabilkan harga tiket pesawat jadi pemberitaan sektor ekonomi kemarin.

Simak berita lainnya:

Kemenperin sebut ekspor industri furnitur naik 33 persen

Kementerian Perindustrian melansir nilai ekspor produk furnitur nasional menembus 2,5 miliar dolar AS pada 2021 atau naik 33 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar 1,9 miliar dolar AS.

“Saya percaya bahwa seiring dengan pilihnya belanja masyarakat, akan turut mendukung peningkatan penjualan furnitur, baik untuk ekspor maupun pasar dalam negeri,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya usai menghadiri Pembukaan Pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2022 di Jakarta, Kamis.

Mendag pantau penerapan digitalisasi pasar rakyat

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan kunjungan ke Pasar Tomang Barat, Jakarta, untuk memantau penerapan digitalisasi pasar rakyat melalui lokapasar (marketplace) Grab Mart sekaligus memantau harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok.

"Tidak bisa dipungkiri, platform digital itu penting untuk mempertemukan penjual dan pembeli agar lebih mudah, efisien, omzetnya naik, dan banyak untung," kata Mendag Zulkifli Hasan lewat keterangannya di Jakarta, Kamis.

Kemenkop: Produk unggulan UMKM Papua bisa diangkat hingga mancanegara

Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Papua sangat besar karena memiliki pelbagai produk unggulan daerah yang dapat diangkat hingga mancanegara.

Sejumlah produk tersebut antara lain lukisan kulit kayu, produk kerajinan kriya, dan wastra (kain tradisional).

Menko Airlangga: Harga pangan relatif terkendali saat ini

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022 yang dipantau secara daring di Jakarta, Kamis, menegaskan harga pangan per hari ini sudah relatif stabil.

"Kami melihat dari segi volatile food, harga pangan relatif terkendali dibandingkan kemarin, yang memang ada pula momen Lebaran sehingga terjadi kenaikan permintaan," ucap Menko Airlangga Hartarto.

Menhub beberkan upaya stabilkan harga tiket pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membeberkan sejumlah langkah untuk menstabilkan harga tiket pesawat yang sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/8).

“Menindaklanjuti arahan bapak Presiden, kami telah dan akan membahasnya lebih detail dan intensif dengan sejumlah pemangku kepentingan, termasuk dengan pemerintah daerah. Kami pun telah berkirim surat kepada pemerintah daerah untuk turut mendukung konektivitas dengan turut membantu memastikan tingkat keterisian penumpang, memberikan subsidi dan insentif lainnya," kata Menhub dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022